3 Astronot Berhasil Pulang ke Bumi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional

Detik-detik terjunnya tiga astronot dengan kapsul antariksa Soyuz. Kredit: NASA/Roscosmos
Info Astronomy - Setelah menjalani misi selama kurang lebih 6 bulan, tiga awak Stasiun Luar Angkasa Internasional berhasil pulang ke Bumi pagi ini, 7 September 2016. Mereka pulang dengan terjun memasuki atmosfer Bumi menaiki kapsul antariksa Soyuz TMA-20M buatan Rusia dan mendarat di Kazakstan.

Ketiga awak yang pulang pagi ini adalah awak Ekspedisi 48, yakni Komandan Jeff Williams dari NASA dan Komandan Soyuz Alexey Ovchinin dan Insinyur Penerbangan Oleg Skripochka dari lembaga antariksa Rusia (Roscosmos).

Satu astronot dan dua kosmonot (sebutan "astronot" untuk orang Rusia) ini telah undock dari Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan kapsul antariksa Soyuz TMA-20M pada pukul 04:51 WIB dinihari tadi dan mendarat di Kazakstan pada pukul 08:14 WIB, 7 September 2016.

Ketiga awak Ekspedisi 48 tersebut selama berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional telah berkontribusi untuk ratusan eksperimen ilmiah dalam bidang biologi, bioteknologi, ilmu fisika dan ilmu bumi. Stasiun Luar Angkasa Internasional memang merupakan laboratorium yang mengorbit Bumi kita.

Kembalinya ketiga awak ini menandai berakhirnya total 172 hari menjalani misi di Stasiun Luar Angkasa Internasional sejak diluncurkan pada bulan Maret 2016. Namun, Williams telah kembali ke Bumi untuk kedua kalinya setelah total 534 hari di luar angkasa dalam empat misi berbeda sejak tahun 2000.

Setelah Ekspedisi 48 pulang ke Bumi, selanjutnya misi Ekspedisi 49 akan mulai menggantikan di bawah komando Anatoly Ivanishin dari Roscosmos. Ivanishin akan dibantu oleh astronot Kate Rubins dari NASA dan Takuya Onishi dari Jepang (Japan Aerospace Exploration Agency). Ketiga orang Ekspedisi 49 ini akan menjalani misi selama lebih dari dua minggu sampai kedatangan tiga anggota awak baru.

Awak baru yang nantinya akan meluncur ke Stasiun Luar Angkasa Internasional merupakan anggota Ekspedisi 50, yakni astronot Shane Kimbrough dari NASA dan dua kosmonot Sergey Ryzhikov dan Andrey Borisenko dari Roscosmos. Ketiganya dijadwalkan untuk meluncur pada 23 September 2016 dari Baikonur, Kazakstan.