Wahana Antariksa Milik Eropa Jepret Kawah Kuno Tak Bernama di Mars

Kawah di Mars yang belum memiliki nama yang dipotret wahana antariksa Mars Express. Kredit: ESA/DLR/FU Berlin
Info Astronomy - Pemandangan dari wahana antariksa Mars Express milik European Space Agency (ESA) ini menunjukkan sebuah kawah yang belum memiliki nama di planet Mars. Kawah ini terletak di sebelah Barat Daya dari dataran gelap bernama Mare Serpentis, yang terletak di Noachis Terra.

Ya, kawah-kawah maupun daerah di permukaan Mars secara resmi dinamai oleh International Astronomical Union (IAU), lembaga resmi yang memiliki wewenang untuk menamai objek-objek di alam semesta. Namun, kawah yang satu ini ternyata luput dari penamaan tersebut.

Noachis Terra adalah salah satu daerah tertua di Planet Merah, diperkirakan terbentuk setidaknya 3,9 miliar tahun lalu, di era Mars awal, zaman Noachian. Noachis Terra merupakan salah satu dari permukaan tertua di planet Mars, yang ciri khasnya adalah memiliki banyak kawah yang berusia tua, meskipun telah banyak kawah yang terkikis dan tertutupi pasir maupun debu di Mars.

Kawah tanpa nama yang terlihat di bagian kanan atas pada citra ini memiliki kedalaman sekitar 4 kilometer dan diameter sekitar 50 kilometer. Pada pusat kawah juga nampak depresi tanah, yang belum diketahui apa penyebabnya.

Citra di atas diproses dengan menggunakan data dari instrumen Kamera Stereo beresolusi tinggi yang disematkan pada wahana antariksa Mars Express yang berada di orbit Planet Merah. Data diperoleh pada 29 Juli 2015. Resolusinya adalah sekitar 14 meter per piksel dan citra ini dipotret pada koordinat 37° BT dan 35° LS pada permukaan Mars.