Kontrak Misi Teleskop Antariksa Hubble Diperpanjang Hingga Tahun 2021

Teleskop Antariksa Hubble. Kredit: NASA/ESA
Info Astronomy - Lembaga Antariksa AS (NASA) akhirnya memperpanjang kontrak misi ilmiah untuk Teleskop Antariksa Hubble selama lima tahun ke depan. NASA memberikan perpanjangan kontrak misi Hubble ini untuk Asosiasi Universitas Riset di bidang Astronomi untuk mendukung Science Institute Space Telescope di California.

Diluncurkan pada tahun 1990, kini masa kerja Hubble akan ditambah hingga 30 Juni 2021. Nilai kontrak misi Hubble juga akan meningkat dari sekitar US$ 196,3 juta menjadi sebesar US$ 2,03 miliar.

Perpanjangan kontrak ini meliputi penambahan instrumen yang diperlukan untuk melanjutkan program keilmuan Hubble oleh Space Telescope Science Institute. Dukungan ini meliputi produk dan layanan yang dibutuhkan untuk melaksanakan penelitian, pengembangan sistem berbasis darat, manajemen dukungan penjangkauan publik untuk Hubble dan dukungan data arsip.

Setelah Hubble diperbaiki akibat kerusakan pada tahun 2009, teleskop antariksa penemu 3.000an planet ekstrasurya ini memiliki kinerja yang lebih baik dari sebelumnya. Hubble diharapkan bisa terus memberikan data berharga dari alam semesta hingga tahun 2020.

Namun pada tahun 2018, NASA akan meluncurkan teleskop antariksa generasi baru bernama Teleskop Antariksa James Webb. Ia akan menjadi pengganti Hubble yang bakal pensiun pada dekade berikutnya, siap melayani para astronom di seluruh dunia untuk meneliti lebih jauh warisan dan penemuan Hubble agar dapat membantu membuka beberapa misteri terbesar dari alam semesta.