Lift-Off! Wahana Antariksa Milik Eropa Berhasil Meluncur ke Planet Mars

Citra roket Proton M saat meluncur. Kredit: Roscosmos
Info Astronomy - Pada tanggal 14 Maret 2016 pukul 16:31:42 WIB, sebuah roket Proton M milik Rusia telah lepas landas dari Kosmodrom Baikonur dengan mengangkut wahana antariksa ExoMars 2016 milik Agensi Antariksa Eropa (ESA). 10 jam 45 menit ke depan, Proton M akan merilis muatannya dan ExoMars akan ditempatkan pada orbit menuju Mars.

Misi ExoMars pertama ini akan menempatkan wahana antariksa bernama Trace Gas Orbiter (TGO) di orbit Mars sehingga mengelilingi si Planet Merah dan mencari tanda-tanda kehidupan, baik yang ada sekarang maupun pada masa lampau. Misi tersebut merupakan tantangan ilmiah terbesar yang pernah dihadapi tim gabungan dari European Space Agency (ESA) dan Roscosmos (Rusia).

TGO akan mencari beberapa elemen penting di atmosfer Mars. Namun, tak hanya TGO yang diangkut roket Proton M, ada juga wahana antariksa Schiaparelli yang akan didaratkan ke Planet Merah dan menjadi alat pendukung yang berfungsi sebagai stasiun cuaca.

“Nantinya TGO akan bertugas sebagai 'anjing pelacak' di ruang angkasa,” kata Jorge Vago, selaku ilmuwan proyek ExoMars. Vago juga menambahkan kalau misi ExoMars akan beroperasi selama lima tahun di planet Mars.

Salah satu tujuan dari misi ExoMars adalah untuk berburu kehidupan asing di masa depan. Nantinya di tahun 2018, wahana antariksa lain pada misi ExoMars akan kembali dikirim ke planet tetangga Bumi tersebut, yakni merupakan sebuah robot penjelajah mirip Curiosity milik NASA.