Sebuah Ledakan Bintang Ditemukan di Dekat Galaksi Triangulum

Galaksi Triangulum. Kredit: European Southern Observatory
Info Astronomy - Astronom amatir Emmanuel Conseil berhasil menemukan sebuah ledakan bintang (nova) di dekat Galaksi Triangulum pada Hari Natal 2015 yang lalu. Conseil menemukannya melalui Observatorium Online Slooh, yang menggunakan teleskop yang terletak di Kepulauan Canary. Apakah nova ini cukup terang untuk diamati dengan mata telanjang?

Slooh melakukan siaran langsung dari galaksi Triangulum pada halaman web-nya pada tanggal 24 dan 25 Desember 2016. Nova tersebut, yang diberi nama PVN J01335420+3026108 (ya, Anda boleh abaikan untuk membaca namanya), terdeteksi Conseil ketika membandingkan dua citra yang ia peroleh. "Benda itu (nova) ada pada citra pertama saya pada Hari Natal, tapi tidak ada pada tanggal 24. Ini ledakan bintang yang baru!" kata Conseil dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari ScienceAlert.com.

Sebuah nova, pada dasarnya adalah ledakan nuklir raksasa yang terjadi ketika sebuah bintang kerdil putih mencuri material yang sebagian besar hidrogen dari bintang tetangga bintang nya. Ketika kerdil putih tersebut telah cukup mengumpulkan material hasil curian, material tersebut menyebabkan reaksi fusi nuklir sehingga material-material tadi meledak keluar ke angkasa. Nova biasanya baru bisa terlihat selama beberapa bulan sesudahnya.

Setelah Conseil mengumumkan penemuan nova PVN J01335420+3026108, beberapa astronom amatir lainnya juga mengkonfirmasi penemuan Conseil menggunakan teleskop Slooh.

Galaksi Triangulum, di mana nova ditemukan, adalah galaksi spiral yang datar, lengkap dengan cakram yang berputar yang terdiri dari bintang, gas, dan debu dengan tonjolan pada pusat galaksinya. Terletak sekitar 2,7 juta tahun cahaya dari Bumi, galaksi Triangulum adalah obyek langit paling jauh yang Anda dapat lihat dengan mata telanjang, menurut EarthSky. Tapi Anda perlu langit yang bebas polusi udara maupun cahaya untuk melihatnya.

Galaksi Triangulum berada di ketinggian 51 derajat dari cakrawala Utara daerah Anda pada pukul 19:00 waktu lokal, dan sayangnya nova PVN J01335420+3026108 terlalu redup untuk diamati tanpa alat bantu seperti teleskop. Galaksi ini berada di antara rasi bintang Pisces dan Tucana. Lalu di mana letak nova-nya? Nova ini terletak pada lokasi yang ditunjuk panah merah pada foto di bawah ini.

Letak Nova PVN J01335420+3026108. Kredit: Emmanuel Conseil, Slooh