Komet Catalina Capai Jarak Terdekatnya dengan Bumi Hari Minggu Ini

Komet Catalina di langit Observatorium Bosscha, Lembang, Jawa Barat. Kredit: Denny M.
Info Astronomy - Komet C/2013 US10 (Catalina) akan melewati titik terdekatnya dengan Bumi--yang disebut perigee--pada jarak yang sangat aman hari Minggu ini, 17 Januari 2016. Pada perigee-nya, komet Catalina akan berjarak 110 juta km dari Bumi. Sayangnya, komet ini cukup sulit diamati dengan mata telanjang.

Jika Anda memiliki teleskop, komet ini bisa menjadi target observasi yang menarik dan fantastis. Meskipun gerakan yang sebenarnya dari komet sulit untuk dilihat secara real time karena jaraknya yang cukup jauh, Anda tetap dapat melihat bahwa komet telah bergeser posisinya di langit.

Ya, karena jaraknya yang jauh, komet Catalina tampak bergerak perlahan melintasi langit, atau bahkan malah bergerak semu mengikuti rotasi Bumi. Namun sebenarnya, pergerakan komet Catalina melintasi Tata Surya memiliki kecepatan luar biasa, yakni 212.433 km per jam!

Dalam beberapa hari mendatang, komet Catalina akan melintas dekat pada asterisma Big Dipper atau rasi bitang Biduk. Diperkirakan Komet Catalina hanya akan mencapai magnitudo +6,2 hingga +6,4, tepat di bawah tingkat keterlihatan benda langit dengan mata telanjang, namun terlihat melalui teleskop seperti foto di atas yang diporet menggunakan teleskop Celestron C11.

Berikut letak Komet Catalina pada 17 Januari 2016, komet akan berada di langit Timur sebelum Matahari terbit:

Letak Komet Catalina pada 17 Januari 2016, 04:00 waktu lokal. Kredit: Dominic Ford
Dan ini adalah data ephemeris dari letak Komet Catalina, sebagai pelengkap data letak Komet Catalina di atas yang bisa memudahkan Anda menemukannya:

Data ephemeris Komet Catalina. Kredit: Dominic Ford
Selamat berburu Komet Catalina!