Astronom Berhasil Pelajari Medan Magnet Lubang Hitam untuk Pertama Kali

Sebuah tim astronom untuk pertama kalinya berhasil memelajari medan magnet yang berada di sekitar cakrawala peristiwa (event horizon) Lubang Hitam Sagitarius A*, sebuah Lubang Hitam Supermasif yang terletak di pusat galaksi Bima Sakti.
Ilustrasi Lubang Hitam di pusat galaksi kita, Bima Sakti. Kredit: M.Weiss/CfA
Info Astronomy - Sebuah tim astronom untuk pertama kalinya berhasil memelajari medan magnet yang berada di sekitar cakrawala peristiwa (event horizon) Lubang Hitam Sagitarius A*, sebuah Lubang Hitam Supermasif yang terletak di pusat galaksi Bima Sakti.

Tim astronom internasional ini menemukan bahwa medan magnet dari Lubang Hitam sangat rumit dan bervariasi. Beberapa bagian dari event horizon (sebuah batas pada Lubang Hitam yang bahkan cahaya tidak dapat melarikan diri) terlihat berantakan dan campur aduk, sementara daerah lain memiliki struktur magnetik yang terlihat dalam berbagai macam pola. Medan magnet juga berfluktuasi secara liar.

"Memahami medan magnet Lubang Hitam ini sangat penting. Sebelumnya tidak ada yang mampu untuk memelajari dan mengamati medan magnet di dekat event horizon sampai sekarang," kata pemimpin penulis studi, Michael Johnson seperti dikutip dari IFLScince.com. "Sekali lagi, pusat galaksi ini membuktikan menjadi tempat yang lebih dinamis dari yang kita duga. Medan magnet menari seluruh wilayah Lubang Hitam."

Lubang Hitam Supermasif yang berada di pusat Bima Sakti ini memiliki massa setara dengan 4 juta kali massa Matahari, dan event horizon-nya terbentang sekitar 13 juta kilometer, atau 40 kali jarak dari Bumi ke Bulan. Sementara itu, Lubang Hitam Supermasif Sagitarius A*  berjarak sekitar 25.000 tahun cahaya dari Bumi, membuat ia takkan berdampak apapun terhadap Bumi kita.

Pengamatan medan magnet Sagittarius A* ini dilakukan dengan menggunakan Event Horizon Telescope, sebuah jaringan global teleskop radio yang menghubungkan para astronom secara bersama-sama untuk memelajari Lubang Hitam di luar angkasa/

Lubang Hitam dapat menghasilkan jet kuat, menembak partikel hampir kecepatan cahaya. Meskipun mekanisme Lubang Hitam untuk menghasilkan jet telah lama dipahami, ini adalah pertama kalinya manusia berhasil melalukan pengamatan langsung dari medan magnet Lubang Hitam.

Hasil penelitian ini telah diterbitkan dalam jurnal Science.