Malam Ini, Bulan Purnama Akan Berada di Dekat Gugus Bintang Pleiades

Kredit: Stellarium, Disunting oleh Info Astronomy
Info Astronomy - Bulan Purnama akan ditemani Gugus Bintang Pleiades malam ini, 25 November hingga esok pagi, 26 November 2015. Keduanya akan cukup dekat untuk dilihat secara bersamaan. Bulan akan membantu Anda menemukan sebuah gugusan bintang terang yang dalam budaya Jawa disebut Lintang Kartika ini.

Bulan sebenarnya malam ini (25/11) masih berada di fase Cembung Awal (Waxing Gibbous), namun kenampakannya di langit sudah mencapai 100% penuh alias full. Secara astronomis, Bulan baru mencapai fase Purnama pada 26 November 2015 pukul 5:46 WIB. Jadi malam ini dan malam besok (26/11), kita bisa melihat Bulan Purnama.

Dekatnya Bulan Purnama dengan Lintang Kartika malam ini tidak akan menimbulkan dampak negatif, tidak berbahaya sama sekali. Anda bahkan dapat melihta Lintang Kartika secara langsung tanpa alat bantu seperti teleskop selama langit cerah saat pengamatan.

Ketika fase Bulan Purnama, Bulan akan terbit di langit Timur tepat ketika Matahari terbit di langit Barat. Jadi ketika senja baru dimulai, tunggulah 40-70 menit kemudian, maka Anda akan menemukan Bulan yang kedudukannya sudah lumayan tinggi di langit Timur. Sementara itu, Lintang Kartika alias Pleiades ada di sebelah Utaranya persis seperti gambar di atas.

Setelah fase Bulan Purnama berakhir, Bulan akan secara reguler berganti fase ke Cembung Akhir (Wanning Gibbous), Kuartal Kedua (Last Quarter), Sabit Akhir (Wanning Crescent) dan akhirnya kembali ke Bulan Baru (New Moon). Saat Bulan Baru itulah bulan Safar berganti ke Rabiul Awal.

Saat Bulan Purnama November 2015, Bulan akan berkedudukan di rasi bintang Taurus pada deklinasi +16°17'. Jaraknya dari Bumi kurang lebih 366.000 kilometer.