Stasiun Luar Angkasa Internasional Kedatangan Tiga Penghuni Baru

Tiga astronot baru siap diluncurkan menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional (atau International Space Station/ISS) pada Rabu pekan depan. Peluncuran ini akan disiarkan NASA TV yang akan dimulai pada pukul 10:45 WIB. Mereka adalah Aidyn Aimbetov dari Badan Antariksa Kazakhstan, Sergei Volkov dari Badan Antariksa Federal Rusia (Roscosmos) dan Andreas Mogensen dari Denmark yang merupakan negara bagian dari ESA (European Space Agency).
Dari kiri ke kanan: Aidyn Aimbetov (Kazakhstan), Sergei Volkov (Rusia) dan Andreas Mogensen (Denmark). Kredit: NASA
Info Astronomy - Tiga kru baru telah berhasil diluncurkan menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional (atau International Space Station/ISS) pada Rabu, 2 September 2015 pukul 11:37 WIB. Mereka adalah Aidyn Aimbetov dari Badan Antariksa Kazakhstan, Sergei Volkov dari Badan Antariksa Federal Rusia (Roscosmos) dan Andreas Mogensen dari Denmark yang merupakan negara bagian dari ESA (European Space Agency).

Ketiganya meluncur dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan dengan menumpangi Soyuz TMA-18M. Mogensen dan Aimbetov merupakan astronot yang hanya memiliki durasi misi yang tidak terlalu lama di ISS nanti, sementara Volkov akan menghabiskan enam bulan di ISS.

Trio astronot telah tiba di ISS dengan melakukan docking atau merapat pada modul Poisk pada pukul 14:42 WIB hari Jumat, 4 September 2015.

Sementara itu, ketiganya akan bisa masuk ke ISS pada pukul 17:15 WIB (4/9). Mereka akan disambut oleh Komnandan Ekspedisi 44 Gennady Padalka, Oleg Kononenko dan Mikhail Kornienko dari Roscosmos, tidak ketinggalan Scott Kelly dan Kjell Lindgren dari NASA, serta Kimiya Yui dari Japan Aerospace Exploration Agency.

Ini akan menjadi pertama kalinya sejak November 2013, akan ada sembilan astronot bersama-sama di dalam ISS. Namun, Padalka, Mogensen dan Aimbetov akan kembali ke Bumi pada Sabtu, 12 September 2015, meninggalkan Kelly dalam misi Ekspedisi 45.

Serah terima jabatan komandan dari Padalka untuk Kelly juga akan dilakukan sebelum kosmonot Rusia itu kembali ke Bumi, dan pastinya akan disiarkan di NASA TV pada Sabtu, 5 September 2015 pukul 15:40 WIB.

Kelly dan Kornienko akan kembali ke Bumi pada Maret 2016 setelah menghabiskan satu tahun di ISS untuk mengumpulkan data biomedis yang akan meningkatkan pemahaman kita tentang efek perjalanan ruang angkasa dalam durasi yang panjang serta data untuk perjalanan NASA ke Mars.

Setelah Ekspedisi 44 yang dikomandoi Padalka berakhir, misi Ekspedisi 45 yang dikomandoi Kelly akan melanjutkan beberapa ratus percobaan ilmiah lagi, yakni biologi, bioteknologi, ilmu fisika dan ilmu bumi.

Good luck, astronauts!