Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

22 Agustus 2015: Konjungsi Saturnus dengan Bulan

Bulan dan Planet Saturnus akan saling berdekatan --dalam astronomi disebut konjungsi-- malam ini, 22 Agustus 2015. Mereka hanya akan terpisah 2°30' satu sama lain di langit. Penasaran ingin melihatnya?
22 Agustus 2015: Konjungsi Saturnus dengan Bulan
Letak Bulan dan Saturnus di langit atas kepala pukul 19:00 waktu lokal 22 Agustus 2015. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Bulan dan Planet Saturnus akan saling berdekatan --dalam astronomi disebut konjungsi-- malam ini, 22 Agustus 2015. Mereka hanya akan terpisah 2°30' satu sama lain di langit. Penasaran ingin melihatnya?

Di langit Indonesia, konjungsi Saturnus dengan Bulan akan mulai terlihat sekitar pukul 18:00 waktu lokal daerah Anda, saat itu kedudukan mereka adalah 76° di atas horison Barat Daya. Keduanya kemudian akan tenggelam menuju horison Barat Daya sekitar 5 jam 53 menit setelah Matahari terbenam, atau tepatnya pada pukul 23:43 waktu lokal.

Titik terdekat pada konjungsi Saturnus-Bulan ini sebenarnya adalah pukul 00:48 WIB pada 23 Agustus 2015. Sayangnya, pada saat pendekatan terdekat itu keduanya sudah tenggelam di langit seluruh wilayah Indonesia. Bulan akan bersinar di magnitudo -11,8, dan Saturnus di magnitudo +1,0. Mereka akan bertengger di konstelasi Libra.

Untuk Anda pengguna teleskop, konjungsi Saturnus-Bulan ini akan terlalu luas terpisah untuk muat dalam satu bidang pandang teleskop. Jangan khawatir bagi yang tidak punya teleskop, konjungsi ini dapat diamati dengan mata telanjang di seluruh Indonesia.

Eits, jangan berharap Saturnus akan terlihat besar dan lengkap dengan cincinnya yang megah. Dari permukaan Bumi, planet raksasa gas terbesar kedua di tata surya tersebut hanya akan nampak bagai bintang kuning terang di sebelah Bulan malam ini.

Selamat mengamati!
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.