Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Temukan Planet Saturnus di Dekat Bulan Malam Ini

Bulan Cembung (Waxing Gibbous Moon) akan berdekatan (konjungsi) dengan Planet Saturnus pada malam, 29 Juni 2015.
Temukan Planet Saturnus di Dekat Bulan Malam Ini
Letak Bulan dan Planet Saturnus. Kredit: Stellarium, Dokumen Info Astronomy
Info Astronomy - Bulan Cembung (Waxing Gibbous Moon) akan berdekatan (konjungsi) dengan Planet Saturnus pada malam, 29 Juni 2015. Peristiwa ini akan menarik karena mereka akan ditemani bintang Antares dan membentuk formasi segitiga di langit.

Seberapa dekat Bulan dan Saturnus muncul bersama-sama tergantung pada tempat Anda tinggal di seluruh dunia. Di Eropa dan Asia, Bulan hanya akan berada 1°56' dari Planet Saturnus, lain halnya seperti di langit Amerika Utara, Bulan akan menggerhanai Saturnus.

Dari Indonesia, konjungsi Bulan dengan Saturnus ini akan mulai terlihat sekitar pukul 18:01 waktu lokal daerah Anda, keduanya saat itu berada 41° di atas ufuk Timur.

Mereka kemudian akan mencapai titik tertinggi di langit pukul 21:12 waktu lokal, sekitar 78° di atas horison Selatan. Pasangan ini kemudia akan terus bergerak semu ke Barat dan dapat diamati sampai sekitar pukul 02:50 waktu lokal, ketika mereka tenggelam 7° di atas ufuk Barat Anda.

Untuk mengamatinya tidak diperlukan alat bantu seperti teleskop, mata telanjang saja sudah cukup. Namun untuk melihat cincin Saturnus, Anda wajib menggunakan teleskop. Dengan mata, Saturnus hanya akan nampak bagai bintang kuning di sebelah Bulan.

Pada saat pendekatan terdekat, Bulan akan bersinar di magnitudo -12,5, dan Saturnus di magnitudo 0,9. Mereka berada di konstelasi Libra.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.