Sepanjang Juni 2015, Mari Observasi Empat Planet Tata Surya Tetangga Bumi

Mengamati langit malam lewat teleskop. Kredit: Jen Courmesn
Info Astronomy - Kita sudah secara resmi memasuki bulan Juni 2015, di bulan ini akan ada lima planet tata surya tetangga Bumi kita seperti Merkurius, Venus, Jupiter dan Saturnus di langit malam maupun ketika dinihari.

Merkurius muncul saat fajar, mulai pekan kedua Juni. Merkurius adalah planet terdalam tata surya kita dan selalu tetap dekat matahari di langit kita. Merkurius akan terlihat di langit dinihari sekitar tanggal 10 Juni 2015. Setelah itu, Merkurius bakal mencapai elongasi tertingginya dari matahari pada 24 Juni 2015.

Di langit Indonesia, Merkurius benar-benar terbit sebelum timbulnya fajar sekitar tanggak 14 Juni-6 Juli 2015. Carilah Merkurius yang nampak bagai titik bintang kecil tak berkelap-kelip. Penggunakan binokuler atau teleskop akan sangat membantu melihat Merkurius.

Merkurius akan muncul di langit dinihari sampai 23 Juli 2015. Kemudian ia akan masuk ke langit malam, untuk memberikan penduduk belahan Bumi Selatan kenampakannya yang paling terang tahun ini. Yakni sekitar pertengahan Agustus hingga pertengahan September 2015.

Si Terang Planet Venus muncul saat senja hingga tengah malam. Venus --objek langit paling terang ketiga di langit malam (setelah Matahari dan Bulan)-- bakal mencapai elongasi tertinggi di langit Barat pada tanggal 6 Juni, pada saat-saat tersebut Venus dapat diamati selama lebih dari tiga jam setelah matahari terbenam.

Sepanjang Juni 2015, Venus akan sangat terang di langit Barat! Ia bakal benar-benar mendominasi langit Barat. Venus akan sangat mudah ditemukan karena ia nampak bagai bintang kuning paliiiiiiiiiing terang dari bintang di sekitarnya jika Anda mengamatinya dengan mata telanjang.

Terangnya Jupiter saat senja hingga larut malam. Jika Anda berhasil menemukan Planet Venus --yang nampak paling terang di langit-- Anda juga bisa menemukan Jupiter yang berkedudukan beberapa derajat dari Venus. Jupiter adalah objek langit paling terang keempat di langit malam!

Jupiter bersinar lebih cemerlang dari bintang manapun di sekitarnya, namun tidak lebih terang dari Venus. Pada akhir Juni 2015, dua planet (Venus dan Jupiter) akan berkonjungsi, mereka akan muncul dan terbenam bersamaan dan bersebelahan.

Jika Anda memiliki binokuler atau teleskop, Anda bisa manfaatkan untuk melihat empat satelit alami besar milik Jupiter, yang terlihat seperti titik-titik cahaya di sekitar Jupiter. Mereka sering disebut satelit Galilean untuk menghormati Galileo, yang menemukan satelit-satelit besar ini pada tahun 1610. Satelit Galilean ini adalah Io, Europa, Ganymede dan Callisto.

Saturnus dari malam tiba sampai subuh. Dari seluruh dunia, Planet Saturnus akan muncul saat malam tiba hingga subuh berkumandang, atau dengan kata lain, muncul sepanjang malam.

Saturnus akan nampak bagai bintang kuning keputihan yang cahayanya tidak berkelap-kelip, Anda tidak akan melihat cincinnya yang megah jika Anda mengamatinya tanpa alat bantu alias mata telanjang. Gunakan teleskop untuk melihat cincin Saturnus.

Cincin Saturnus terlihat 24° sepanjang bulan Juni 2015. Beberapa tahun dari sekarang, pada bulan Oktober 2017, cincin akan 'terbuka' paling besar, maksimal 27°.

Selamat mengamati empat planet tata surya!