Citra Terbaru dari ESO Menunjukan "Lubang" Aneh di Alam Semesta

Citra yang menunjukkan bagian dari Bima Sakti di konstelasi Ophiuchus, yang terlihat seperti "lubang" yang aneh. Apakah ini memang benar-benar lubang?
Citra Terbaru dari ESO Menunjukan "Lubang" Aneh di Alam Semesta
Awan molekul gelap yang sangat kontras dengan triliunan bintang di sekitarnya. Kredit: ESO
Info Astronomy - Dipotret menggunakan teleskop MPG/ESO 2,2 meter, citra luar biasa di atas dirilis pekan lalu oleh European Southern Observatory (ESO). Citra yang menunjukkan bagian dari Bima Sakti di konstelasi Ophiuchus, yang terlihat seperti "lubang" yang aneh.

Apakah ini memang benar-benar lubang?

Lubang kegelapan di atas terlihat seperti wilayah tanpa bintang. Tapi ketika lubang tersebut berada di tengah-tengah "hutan bintang" seperti ini, objek lubang aneh ini ternyata bukan benar-benar lubang, melainkan awan molekul gelap yang menghalangi bintang-bintang dan galaksi di belakangnya dari sudut pandang kita.

Awan molekul gelap ini dikenal sebagai LDN1774 dan seperti awan molekul lain, awan ini hanya beberapa derajat lebih hangat dari nol derajat Celcius!

ESO juga menyediakan citra di bawah ini yang merupakan awan molekul gelap lain yang berjarak 500 tahun cahaya dari Bumi, bernama Barnard 68, dalam cahaya tampak dan inframerah, menunjukkan bahwa beberapa panjang gelombang cahaya dari bintang di belakang bisa terlihat.

Barnard 68 dalam cahaya tampak. Kredit: ESO