Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Malam Ini, Mars-Saturnus-Bulan akan Membentuk Segitiga di Langit

Malam Ini, Mars-Saturnus-Bulan akan Membentuk Segitiga di Langit
Malam Ini, Mars-Saturnus-Bulan akan Membentuk Segitiga di Langit
Letak Mars, Saturnus dan Bulan pada 31 Agustus 2014. Kredit: Stellarium, Info Astronomy
Info Astronomy - Sebuah peristiwa astronomis menarik akan tersaji senja hingga malam di penghujung Agustus 2014 ini.

Planet Mars, planet Saturnus dan Bulan akan saling berdekatan --dalam astronomi disebut konjungsi-- yang membentuk segitiga.

Anda sudah bisa mulai melakukan pengamatan konjungsi tiga objek luar angkasa ini satu jam selepas Matahari terbenam. Pastikan langit saat itu cerah.

Planet Mars akan muncul bagai bintang kemerahan sedangkan Saturnus akan muncul bagai bintang kuning keemasan jika Anda hanya mengamatinya lewat mata telanjang.

Malam Ini, Mars-Saturnus-Bulan akan Membentuk Segitiga di Langit
Letak Mars, Saturnus dan Bulan saat berkonjungsi senja ini. Kredit: Stellarium, Info Astronomy
Untuk menemukan planet Mars dan Saturnus. Anda bisa mulai mencari Bulan terlebih dahulu. Bulan berada dalam fase Sabit dan berada di langit Barat saat Matahari terbenam.

Ketika langit mulai gelap, sekitar pukul 19:00 waktu setempat daerah Anda, Mars dan Saturnus akan mudah ditemukan. Letak mereka semua persis seperti pada gambar kedua di atas.

Untuk membedakan mana planet dan yang mana bintang caranya cukup mudah. Cocokan gambar dengan yang Anda lihat di langit.

Jika belum menemukannya juga, bisa dipastikan langit di daerah Anda mendung atau sudah tercemar polusi yang berlebihan.

Planet Mars akan bermagnitudo 0,8, Saturnus akan bermagnitudo 1,1 dan Bulan akan bermagnitudo -10,1. Seharusnya bisa diamati lewat mata telanjang di seluruh wilayah Indonesia.

Selamat mengamati!

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.