Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Inilah Orang yang Memberikan Nama Bima Sakti untuk Galaksi Kita

Inilah Orang yang Memberikan Nama Bima Sakti untuk Galaksi Kita
Inilah Orang yang Memberikan Nama Bima Sakti untuk Galaksi Kita
Ilustrasi galaksi Bima Sakti. Kredit: Mark A. Garlick / space-art.co.uk
Info Astronomy - Pernah dengar istilah Milky Way? Ya, Milky Way merupakan sebutan untuk galaksi tempat Matahari dan delapan planetnya termasuk Bumi bernaung.

Milky Way yang artinya "Jalur Susu" adalah sebutan galaksi kita oleh orang-orang barat. Di Indonesia, kita biasa menyebutnya Bima Sakti.

Dari mana asal-usul nama Bima Sakti ini? Ternyata, orang yang memberikan nama Bima Sakti adalah presiden pertama Indonesia, Bapak Ir. Soekarno.

Galaksi Bima Sakti yang selalu membentang di langit malam membentuk lukisan naga samudra yang membelit tubuh Bima.

Soekarno mengatakan itu saat berkunjung ke Observatorium Bosscha, Lembang, Bandung. Beliau melihat foto Galaksi Milky Way. Tiba-tiba, beliau melontarkan kata "Bima Sakti".

Menurut beliau, pusat hitam pada Galaksi Bima Sakti menggambarkan bayangan hitam dan aura cemerlang, dan menggambarkan sosok tokoh pewayangan yaitu Bima.

Citra gelap terang itu menggambarkan Bima tengah bertarung dengan naga samudra yang membelit tubuhnya.

Soekarno mencuplik satu adegan dalam Serat Dewa Ruci, saat Bima masuk ke samudra untuk mencari air kehidupan (Tirta Kamandanu).

Dia menngunakan ajian ilmu pembelah laut, Jalasengara. Hal itu membuat marah naga laut penghuni samudra. Bima pun berkelahi dengan naga tersebut, yang akhirnya dimenangi Bima.

Sudah tahu kan dari mana asal-usul nama Galaksi Bima Sakti?
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.