Setahun di Planet ini 29 Juta Hari di Bumi

Ilustrasi planet GU Psc b. Kredit: Lucas Granito
Info Astronomy - Sebuah planet ekstrasurya (planet yang berada di luar tata surya kita) bernama GU Psc b sedang diteliti para astronom baru-baru ini.

Yang menarik adalah, jika di Bumi 1 tahunnya ada 365 hari, di planet ekstrasurya GU Psc b ini setahunnya adalah 29 juta hari di Bumi.

Planet ekstrasurya ini merupakan planet gas, memiliki massa 9 kali massa Jupiter. Terletak 155 tahun cahaya di konstelasi Pisces.

Penyebab setahunnya begitu lama adalah planet GU Psc b mengorbit bintang induknya atau Mataharinya pada jarak 2.000 kali jarak Bumi-Matahari yakni sekitar 300.000.000.000 km.

Planet ekstrasurya ini ditemukan oleh Marie-Eve Naud, astronom University of Montreal, dan tim internasional melalui metode pencitraan langsung.

Hasil pencitraan langsung sistem keplanetan GU Psc. Kredit: NASA
"Kami mengamati lebih dari 90 bintang dan hanya menemukan 1 planet, menurut saya ini adalah keunikan astronomi," kata Naud dalam press release-nya di arXiv.

Mengamati planet tidak langsung memungkinkan menentukan massanya. Sebaliknya, Naud dan rekan menggunakan model teoritis evolusi planet untuk menentukan karakteristiknya.

Spektrum cahaya GU Psc b diperoleh dari Gemini Observatory di Hawaii Utara untuk mengukur suhu sekitar 800 derajat Celcius.
BERIKAN KOMENTAR ()