Inikah Saudara Planet Bumi?

Ilustrasi artistik saudara planet Bumi. Kredit: NASA/ESA/Hubble
Info Astronomy - Planet Bumi dikenal sebagai ‘Planet Biru’ karena lautan luas yang menutupi dua per tiga permukaannya. Ya, 70% permukaan Bumi adalah lautan.

Ketika dilihat dari luar angkasa, Bumi kita tampak seperti titik biru pucat. Pada tahun 1990, wahana Voyager 1 ketika berada pada jarak 6 miliar kilometer pernah memotret Bumi. [lihat hasil fotonya]

Kini, untuk pertama kalinya astronom bisa mengetahui warna planet yang mengorbit bintang lain, dan kali ini juga berwarna biru!

Tapi cuma itu persamaan antara kedua planet. Planet asing itu, atau dijuluki ‘titik biru tua’, merupakan planet gas raksasa, kira-kira sama besarnya dengan Planet Jupiter yang merupakan planet terbesar di Tata Surya kita.

Planet tersebut bernama resmi HD 189733b, mengorbit dekat sekali dengan bintangnya sehingga temperatur atmosfernya mencapai lebih dari 1000 °C!

Mungkin Anda bertanya-tanya kok bisa lautannya tetap ada di lingkungan yang ekstrem seperti itu. Ternyata, tidak seperti di Bumi, di sana bukan air yang menyebabkan si planet berwarna biru.

Atmosfernya mengandung sesuatu yang mirip dengan bahan yang ada pada kaca (yang disebut ‘silikat’) dan kilaunya berwarna biru.

Fakta menarik
Yang membuat lingkungan di planet itu makin tidak mirip dengan Bumi adalah hujan di sana adalah hujan kaca, bukan hujan air seperti di Bumi. Terlebih lagi, hujan kaca itu turun menyamping, ditiup oleh angin menderu berkecepatan 7.000 km per jam.

Disadur dari