Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Berapa Lama Perjalanan Menuju Planet Mars?

Berapa Lama Perjalanan Menuju Planet Mars?
Berapa Lama Perjalanan Menuju Planet Mars?
Planet Mars. Kredit: NASA
Info Astronomy - Jika Anda ingin berkunjung ke planet merah, kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan?

Jawabannya tergantung pada beberapa hal, mulai dari posisi planet dan kendaraan yang akan membawa Anda ke sana. Mari kita simak beberapa poin yang paling penting.

Seberapa jauh Planet Mars?
Untuk menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Mars, pertama-tama kita harus tahu jarak antara dua planet (Bumi dan Mars).

Mars adalah planet keempat dari matahari, dan yang paling dekat kedua dengan Bumi (Venus adalah yang paling dekat pertama dengan Bumi).

Perlu diketahui, jarak Bumi-Mars selalu berubah. Ini dikarenakan planet Bumi dan Mars melakukan orbit atau revolusi terhadap Matahari.

Secara teori, jarak paling dekat Bumi dan Marsadalah ketika Mars berada pada titik terdekat dengan matahari (perihelion) dan Bumi berada pada posisi terjauh (aphelion). Ketika itu jarak kedua planet hanya 54.600.000 kilometer.

Namun, hal di atas belum pernah terjadi dalam sejarah. Jarak yang paling dekat dari kedua planet terjadi pada tahun 2003, ketika jarak Bumi-Mars hanya 56 juta kilometer.

Sedangkan jarak terjauh Bumi-Mars mencapai 401 juta kilometer dan arak rata-ratanya adalah 225 juta kilometer.

Kecepatan cahaya
Cahaya bergerak dengan kecepatan 300.000 kilometer per detik. Jika ada kendaraan dengan kecepatan cahaya, maka kita hanya memerlukan waktu 182 detik untuk sampai di Mars saat ia berada di jarak terdekat dengan Bumi.

Sayangnya, manusia belum mampu menciptakan kendaran secepat itu. Jadi, waktu yang diperlukan untuk mencapai Mars dengan kendaraan masa kini adalah, sekitar 1,5 tahun.
Dukung kami untuk terus aktif
Merasa artikel ini bermanfaat untuk kamu? Mau kami bisa terus menerbitkan artikel astronomi bermanfaat lainnya? Kami butuh dukunganmu!

Beri Dukungan
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.