Cara Melihat Komet ISON Mulai Akhir Pekan Ini

Letak komet ISON mulai 13 hingga 22 November 2013. Kredit: Earth Sky
Info Astronomy - Adakah anda mempunyai binokular atau teleskop kecil? Bangun sebelum Matahari terbit pada 13 hingga 22 November 2013.

Untuk melihat dengan mata telanjang, sebelumnya pastikan dulu langit benar-benar cerah saat Anda melakukan pengamatan. Komet ISON akan muncul seperti pada chart di atas.

Pada subuh tanggal 13 November 2013, Anda mungkin melihat komet ISON yang terlihat samar-samar (tetapi kelihatan) yang terletak dekat bintang Porrima di rasi bintang Virgo.

Pada 17 dan 18 November 2013, komet ISON akan terletak di dekat bintang Spica. Mereka akan mulai mudah diamati dengan mata telanjang. Sekali lagi, pengamatan ini dilakukan saat subuh.

Beberapa hari berikutnya, tepatnya pada 22 November 2013, komet ISON akan 6 kali lebih cemerlang daripada yang terlihat tanggal 13 November 2013 mendatang. Ia akan terlihat bersebelahan dengan planet Merkurius.

Jika ini kali pertama Anda melihat komet ISON, jangan keluhkan jika Anda tidak bisa mengidentifikasi bagaimana bentuk komet atau di mana persisnya letak komet ISON.

Ikuti perkembangan topik Komet ISON pada link ini.