Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

LAPAN Resmi Miliki Ruangan Perakitan dan Uji Satelit

LAPAN Resmi Miliki Ruangan Perakitan dan Uji Satelit
LAPAN Resmi Miliki Ruangan Perakitan dan Uji Satelit
Kantor Pusteksat LAPAN. Kredit: LAPAN
Info Astronomy - Jika AS mempunyai NASA, Indonesia mempunyai LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional). Ya, banyak yang belum tahu tentang ini.

Kepala LAPAN, Bambang S. Tejasukmana meresmikan ruang Assembly, Integration, and Test (AIT) atau perakitan, integrasi, dan uji di Pusat Teknologi Satelit, Rancabungur, Bogor, Kamis (10/10).

Ruang AIT atau disebut juga dengan clean room yang berfungsi untuk perakitan, integrasi, dan uji satelit mikro LAPAN sebelum diluncurkan ke orbit. Ruang AIT Lapan dilengkapi dengan air handling unit dan memiliki sarana uji kamera optik untuk objek jarak jauh.

Ruangan ini disebut clean room karena harus terjaga kebersihannya. Hal ini disebabkan, ruang AIT memiliki syarat kebersihan 34000 partikel/ft2 dengan temperatur ruangan 20 derajat Celcius.

Saat ini di ruang AIT Satelit LAPAN digunakan untuk uji fungsi satelit Lapan-A2. Satelit tersebut telah selesai dirakit dan diintegrasikan serta siap diluncurkan tahun 2014 mendatang.

Saat meresmikan ruang AIT, Kepala LAPAN Bambang S. Tejasukmana mengatakan bahwa kini LAPAN telah memiliki kemampuan merakit, mengengintegrasikan dan menguji satelit sendiri.

Namun menurut Bambang, kemampuan tersebut baru untuk satelit kelas mikro dengan bobot sampai dengan 100 kilogram.

"Untuk itu, di masa mendatang, LAPAN segera memikirkan pembangunan clean room untuk satelit-satelit yang lebih besar misalnya dengan bobot satu ton," ujarnya.

Jangan menilai hasilnya, tapi lihat usahanya!

Oleh Riza Miftah Muharram
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.