Bagaimana Jika Alien Melihat Bumi dari Planetnya?

Ilustrasi
Info Astronomy - Apa yang terlintas di pikiran Anda tentang Alien? Makhluk seperti ilustrasi di atas? Oke, jika iya, tidak apa-apa.

Banyak planet ekstra surya yang ditemukan berpotensi mendukung kehidupan. Lalu, bagaimana jika di planet-planet itu ada aliennya dan mereka sedang mengamati Bumi kita? Mari kita tengok.

Pertama, mari kita lihat planet ekstra surya terdekat dengan Bumi, yakni Alpha Centauri Bb. Jaraknya dari Bumi adalah 4,2 tahun cahaya. 1 tahun cahaya sama dengan 9,4 triliun kilometer.

Jika alien di planet Alpha Centauri Bb berhasil mengamati Bumi dengan pendekatan teleskop yang maksimal, maka mereka akan melihat keadaan Bumi 4,2 tahun yang lalu. Ini karena jarak mereka.

Bagaimana dengan planet ekstra surya yang lebih jauh?

Planet ekstra surya yang cukup jauh dari Bumi yang ditemukan astronom amatir Peter Jalowiczor dari Inggris yang bernama HD 11977b berjarak sekitar 200 juta tahun cahaya.

Jika alien di planet HD 11977b berhasil mengamati Bumi seperti keberhasilan alien di planet Alpha Centauri Bb, maka mereka melihat keadaan Bumi 200 juta tahun yang lalu, saat dinosaurus masih berjalan-jalan di muka Bumi kita.

Hal ini sama halnya seperti kita melihat Bulan.

Jauhnya jarak Bumi (kiri) dan Bulan (kanan). Kredit: NASA
Jarak Bumi ke Bulan adalah 1,26 detik cahaya atau sekitar 360.000 kilometer. Hal ini membuat kita yang melihat Bulan mengamati keadaan Bulan 1,26 detik yang lalu. Menakjubkan, bukan?

Itulah bagaimana jika alien melihat Bumi dari planetnya. Semoga menambah pengetahuan Anda.

Oleh Jennita Ami