Sebuah Bulan Dengan Dua Matahari: Membuat Seni dari Sains

Info Astronomy — Apa yang akan terlihat seperti pada bulan es hipotetis yang mengorbit planet Kepler 47C? Mungkin sesuatu seperti ini. Ini adalah sebuah gambaran oleh seorang seniman yang berjalan dengan nama Digital Drew di Flickr.

Drew menciptakan lanskap dari dunia alien yang dibayangkan mengorbit bintang-bintang (dan kadang-kadang planet) yang benar-benar ada di alam semesta. Dengan software 3D, sedikit ilmu dan banyak imajinasi, Drew menunjukkan kepada kita apa yang mungkin terlihat di langit seperti di planet lain.

Kepler 47C (KOI-3154,02) adalah ekstra solar planet berukuran sama seperti planet Neptunus yang mengorbit sepasang bintang biner berjarak 4.600 tahun cahaya dari Bumi. Ini adalah bagian dari sistem biner sirkum pertama yang pernah ditemukan - salah satu dari setidaknya dua planet yang mengorbit sepasang bintang.

Apa yang membuat planet ini begitu menarik adalah bahwa dalam zona layak huni di sekitar bintang yang berpasangan. Jadi meskipun planet itu sendiri dapat menjadi raksasa gas dan dengan demikian tidak sangat cocok untuk kehidupan, setiap bulan itu di orbit mungkin saja. Sementara sedikit lebih kecil, planet Kepler 47b, mengorbit terlalu dekat ke bintang kembar sehingga air eksis sebagai cairan, orbit 47C adalah lebih jauh keluar, menyelesaikan satu revolusi setiap 303 hari. Terutama diterangi oleh bintang seperti matahari kita, tetapi sekitar 15% redup, ini adalah daerah di mana Anda bisa sangat baik menemukan bulan berbatu besar dengan kondisi mirip dengan Bumi.

Pesawat ruang angkasa yang terbang di atas elevasi yang lebih tinggi dan Anda mungkin hanya melihat adegan seperti ini, matahari terbenam ganda di atas lembah gletser penuh dengan gas raksasa dan bulan sabit mendominasi langit.

"Tidak seperti matahari kita, banyak bintang adalah bagian dari multi-sistem bintang di mana dua atau lebih bintang mengorbit satu sama lain. Pertanyaannya selalu - apakah mereka memiliki planet dan sistem planet? Penemuan ini membuktikan bahwa ada Kepler. Dalam pencarian kami untuk planet layak huni, kami telah menemukan lebih banyak kesempatan bagi kehidupan untuk eksis."
- William Borucki, peneliti utama misi Kepler (September 2012).

Dan sebagai planet raksasa lebih banyak ditemukan dalam zona layak huni sistem mereka, semakin ada kemungkinan bahwa bulan yang layak dihuni bisa ada - atau mungkin bahkan lebih umum daripada planet layak huni! Baru-baru ini para Planet Hunters mengumumkan planet potensial PH2 b, dunia yang seukuran Jupiter yang mengorbit dalam zona layak huni. Dalam tata surya kita Jupiter memiliki banyak bulan, PH2 b bisa sangat baik memiliki sejumlah besar bulan sendiri, sejumlah dari mereka dengan air cair di permukaan dan suhu "tepat" untuk hidup. [UT, riza]