Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Satelit Buatan Bisa Mengorbit Bumi, Inilah Sebabnya

Satelit Buatan Bisa Mengorbit Bumi, Inilah Sebabnya


Info Astronomy — Pada hakekatnya satelit itu ialah sebuah benda yang beredar mengelilingi sebuah planet di dalam tata surya. Di antara planet-planet ada yang memiliki beberapa satelit. Planet yang kita tempati, yaitu bumi hanya memiliki sebuah satelit saja, itulah Bulan yang kita lihat terang di waktu malam.

Benda yang pertama kali 'dilemparkan' oleh manusia ke ruang angkasa dinamakan satelit buatan, karena benda itu juga beredar mengelilingi bumi seperti sebuah satelit alam. Benda itu mengelilingi bumi pada sebuah orbit atau lintasan seperti yang dilakukan oleh Bulan.

Supaya satelit buatan dapat tetap pada lintasannya, maka satelit itu harus memiliki gaya-gaya seperti yang dimiliki Bulan. Perbedaannya yaitu, gaya tarik bumi yang menarik satelit buatan lebih besar daripada yang menarik bulan, karena letak satelit itu dekat ke bumi daripada ke Bulan.

Untuk mendapatkan keseimbangan, antara gaya tarik bumi dan gaya gerak menjauh itu, satelit buatan harus bergerak lebih cepat dari bulan. Jika satelit bergerak terlalu lambat, maka satelit itu akan jatuh kembali ke bumi. Sebaliknya, jika terlalu cepat, maka satelit itu akan terlepas dari gaya tarik bumi. Keseimbangan antara kedua gaya itu dapat dicapai jika kecepatan satelit itu 30.000 km sejam. Pada kecepatan itu, satelit akan tetap beredar mengelilingi bumi. [GQA]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.