LEDA 074886, Galaksi Unik Berbentuk Persegi Panjang

Info Astronomy — Galaksi ini disebut dengan julukan "Galaksi potongan zamrud". galaksi unik berbentuk persegi panjang ini ditemukan oleh tim astronom internasional dan Swinburne University of Technology Australia.

Astronom memberi nama galaksi itu sebagai LEDA 074886 yang merupakan galaksi kerdil yang terletak 70 juta tahun cahaya dari Bumi dan tergabung dalam kelompok 250 galaksi lainnya.

"Hal ini menarik untuk ditemukan" Ungkap Dr Alister Graham penulis utama dan profesor di Pusat Astrofisika dan super komputer di Universitas Swinburne. "Sata telah melihat ribuan galaksi, dan mereka tidak terlihat seperti ini," tambahnya.

Dikutip dari universetoday.com, Selasa (20/03/2012), galaksi LEDA 074886 ditemukan dengan menggunakan teleskop Subaru Jepang oleh astrofisikawan Dr Lee Spitler. Diperkirakan bentuk galaksi yang aneh ini disebabkan oleh tabrakan antara dua galaksi yang mungkin lebih besar dari galaksi NGC 1407.

Awalnya kami berpikir bahwa mungkin ada beberapa interaksi gravitasi pasang-surut yang telah menyebabkan galaksi LEDA 074886 ini memiliki bentuk yang tidak biasa, namun kami tidak begitu yakin. Kami lebih yakin bahwa bentuk yang tidak biasa ini dihasilkan dari tabrakan dua galaksi berbentuk cakram," kata Dr Graham.

Selain bentuknya yang aneh, LEDA 074886 juga memiliki disk (piringan) bintang di dalamnya sejajar dengan garis panjang galaksi. Disk bintang ini berputar dengan kecepatan 33 km per detik dan belum dapat dipastikan apakah bentuknya spiral atau tidakkarena saat observasi, posisi instrumen astronomi tidak relatif untuk itu.

Meskipun bentuk galaksi persegi panjang ini jarang terjadi, namun hal ini menjadi bagian dari beberapa bentuk galaksi yang ada. Dr Graham mengatakan, "jika orientasi itu tepat, ketika galaksi kita bertabrakan dengan galaksi Andromeda 3 miliar tahun dari sekarang, maka kita mungkin akan menjumpai galaksi kita berbentuk persegi panjang."

Makalah tentang hal ini akan diterbitkan di The Astrophysical Journal. [Adi]