Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Bagaimana Alam Semesta Tercipta? Inilah Penjabaran Rincinya

Bagaimana Alam Semesta Tercipta? Inilah Penjabaran Rincinya


Info Astronomy — Tahap pertama penciptaan alam semesta adalah ketika semesta berupa cikal bakalnya yang disebut Sop Kosmos. Pada tahapan itu, semesta berada dalam kondisi sangat labil disebabkan temperatur dan tekanan mahatinggi.

Ada yang berpendapat bahwa semesta dulunya sebuah 'Ketiadaan'. Sebelum itu, ruang tidak ada. Waktu pun tidak ada. Demikian pula material dan energi. Yang ada hanya 'Ketiadaan Mutlak'.

Tahap kedua, saat setelah ledakan terjadi. Detik pertama, suhu semesta dari tak terhingga turun jadi 10^10 derajat Kelvin. Tidak ada material yang sanggup bertahan di suhu setinggi itu.

100 detik kemudian, diperkirakan suhunya turun jadi 10^9 atau 1 miliar derajat. Sama dengan suhu bintang terpanas. Dan setelah beberapa jam kemudian mulai terbentuk paqtikel elementer pembentuk alam semesta. Lalu atom bermassa rendah pun tercipta.

Tahap ketiga, jutaan tahun kemudian semesta tidak mengalami perubahan yang berarti. Tapi terus menerus mengembang. Waktu pun ikut bergerak maju.

Tahap keempat, miliaran tahun kemudian terbentuk benda langit akibat pengelompokan atom dan molekul bersenyawa. Generasi pertama, terciptalah bintang.

Matahari kita terbentuk sekitar 5 miliar tahun lalu, ia masuk dalam generasi kedua.

Tahap kelima. Matahari dulunya berasal dari gas panas yang berpusar. Sedangkan di pinggirannya terjadi pendinginan yang lebih cepat dari pusat. Akibatnya, terjadilah padatan-padatan yang terpental akibat gaya sentrifugal. Lalu terbentuk planet termasuk Bumi.

Alam semesta berumur 13 miliar tahun, sampai sekarang proses penciptaannya belum berhenti. Di alam semesta ini ada sekitar 10^80 partikel yang teramati para peneliti.

Sampai kapan semesta akan terus mengembang? Diperkirakan sampai 3 miliar tahun lagi. Setelah itu, alam akhirat akan dimulai. [Ternyata Akhirat Tidak Kekal, riza]
Dukung kami untuk terus aktif
Merasa artikel ini bermanfaat untuk kamu? Mau kami bisa terus menerbitkan artikel astronomi bermanfaat lainnya? Kami butuh dukunganmu!

Beri Dukungan

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.