Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Parade Planet Dimulai Malam Ini

Parade Planet Dimulai Malam Ini


Info Astronomy — Pernah terlintas dipikiran Anda untuk mengamati langsung planet-planet di tata surya? Mulai malam ini, mereka akan berparade di langit malam yang tentunya bisa kita amati. Seru, kan?

Diawali dengan planet Mars yang akan muncul di langit barat arah matahari tenggelam saat sunset, ia akan nampak seperti bintang merah tanpa berkedip. Lalu di barisan kedua muncul Jupiter, Uranus, dan Neptunus. Jupiter akan muncul di atas jam 21, ia nampak seperti bintang putih terang di langit timur (dan akan terus bergerak). Pada jam yang sama, Uranus dan Neptunus ada di langit tengah, tapi sayangnya untuk mengamati 2 planet ini membutuhkan teleskop canggih.

Menjelang pukul 04 pagi keesokan harinya, Uranus dan Neptunus sudah tenggelam, Jupiter berada di langit barat dan juga akan tenggelam. Pukul 05 pagi, Venus, Saturnus, dan Merkurius muncul di langit timur dan akan terlihat seperti sabuk rasi Orion. Mereka akan berjejer secara vertikal, Venus di atas sebagai bintang kejora, Saturnus di tengah, dan Merkurius di bawah.

Akan lebih baik jika didukung langit yang cerah tanpa polusi dan cahaya. Parade ini berakhir pada 27 Desember 2012, tetapi bukan berarti di masa yang akan datang tidak akan ada lagi. [riza]
Dukung kami untuk terus aktif
Merasa artikel ini bermanfaat untuk kamu? Mau kami bisa terus menerbitkan artikel astronomi bermanfaat lainnya? Kami butuh dukunganmu!

Beri Dukungan

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.