Seandainya VY Canis Majoris Menjadi Pusat Tata Surya Kita

Bintang terbesar di alam semesta yang kita ketahui adalah VY Canis Majoris. Bintang ini merupakan bintang raksasa berwarna merah yang berjarak sekitar 4.900 tahun cahaya dari Bumi.

Bintang tersebut memiliki diameter sekitar 3,0 miliar kilometer sehingga jika ditempatkan di pusat tata surya kita, permukaan VY Canis Majoris akan melintasi orbit Saturnus. Artinya, tata surya hanya akan memiliki 2 planet utama, Uranus dan Neptunus. Bumi akan tertelan ke dalam bintang tersebut.

VY Canis Majoris pertama kali ditemukan oleh Jerome Lalande pada tahun 1801. Pada awalnya, bintang ini diduga merupakan kumpulan dari beberapa bintang. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, pada tahun 1957 para ilmuwan akhirnya bisa memastikan bahwa VY Canis Majoris merupakan bintang tunggal.

Profesor Roberta Humphreys menyatakan bahwa saking besarnya bintang tersebut membuat cahaya membutuhkan waktu lebih dari 8,5 jam untuk mengitarinya.

Bandingkan dengan waktu 14,5 detik yang diperlukan cahaya untuk mengitari matahari. (InfoAstronomy)