Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

HD 40307g, Planet Bumi Super



Para astronom telah mendeteksi sebuah planet asing yang mungkin mampu mendukung kehidupan dan planet itu mirip seperti Bumi dalam skema hal kosmik.

Penemuan exoplanet yang baru ini, yang disebut "Bumi-Super" HD 40307g, terletak di dalam zona layak huni dari bintang induknya. Jarak di mana air dalam bentuk cair mungkin ada di permukaannya. Dan planet terletak hanya 42 tahun cahaya dari Bumi, yang berarti bahwa teleskop masa depan mungkin bisa mengambil gambar secara langsung, kata para peneliti.

Orbit lebih lama dari planet baru ini berarti bahwa iklim dan suasana mungkin tepat untuk mendukung kehidupan," kata rekan penulis studi Hugh Jones, dari University of Hertfordshire di Inggris, dalam sebuah pernyataan. Sama seperti Goldilocks menyebabkan bumi menjadi tidak terlalu panas atau terlalu dingin tapi tepat, planet ini meningkatkan kemungkinan untuk menjadi layak huni.

HD 40307g adalah salah satu dari tiga planet yang baru ditemukan di sekitar bintang induknya, terlabih dahulu sudah ditemukan3 planet lainnya. Total planet yang ditemukan di sistem bintang ini ada 6 planet.

Menemukan sinyal baru dalam data Bintang HD 40.307 sedikit lebih kecil dan kurang bercahaya dari matahari kita sendiri. Para astronom sebelumnya telah terdeteksi tiga planet super bumi sedikit lebih besar dari bumi di sekitar bintang ini, semua planet ini mengorbit bintang terlalu dekat sehingga tidak memungkinkan menemukan air.

Dalam studi baru, tim peneliti kembali menganalisis pengamatan dari sistem bintang HD 40.307 menggunakan alat yang disebut the High Accuracy Radial velocity Planet Searcher atau HARPS.

Teknik cara baru peneliti menganalisis memungkinkan mereka untuk melihat tiga Bumi-Super di sekitar bintang, termasuk HD 40307g, yang dianggap setidaknya tujuh kali besar seperti planet bumi.

"Jika saya harus menebak, aku akan mengatakan 50-50, " kata Tuomi melalui email. Tetapi kebenarannya pada saat ini adalah bahwa kita tidak tahu apakah planet ini adalah bumi besar atau Neptunus kecil hangat tanpa permukaan padat.

Sebuah Orbit Yang Penuh Sesak HD 40307g adalah planet terluar dari enam sistem planet, yang mengorbit pada jarak rata-rata dari 56 juta mil (90 juta kilometer) dari bintang. Untuk contoh perbandingan, Bumi mengelilingi matahari dari sekitar 93 juta mil, atau 150 juta km, jauhnya.

Dua exoplanets baru lainnya yang ditemukan mungkin terlalu panas untuk mendukung kehidupan seperti yang kita tahu, kata para peneliti. Tapi HD 40307g - yang secara resmi tetap menjadi "planet kandidat" menunggu konfirmasi oleh tindak lanjut studi. [infoAstronomy.co.cc/SPACE.com]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.