Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

GAMA202627 Adalah Kembaran Bima Sakti



Galaksi Bimasakti ternyata punya saudara kembar. Astronom untuk pertama kalinya berhasil menemukan galaksi yang benar-benar mirip dengan Bimasakti.

Bimasakti selama ini dianggap unik karena memiliki bentuk spiral dan galaksi "satelit" yang mengitarinya, Awan Magellan Besar dan Kecil. Kini, Bimasakti tidak spesial karena astronom bisa menemukan galaksi yang punya karakter serupa.

"Kami menemukan 3 persen galaksi sama dengan Bimasakti, memiliki pengiring seperti Awan Magellan, yang tentu sangat langka," kata Aaron Robotham dari International Center for Radio Astronomy Research dan University of St. Andrew di Skotlandia.

"Totalnya, kami menemukan 14 sistem galaksi sama dengan galaksi kita dan dua di antaranya hampir sama persis," sambung Robotham.

Galaksi kembaran Bimasakti itu ditemukan dengan menganalisis data survei Galaxy and Mass Assembly (GAMA) yang memetakan 340.000 galaksi di semesta.

Astronom awalnya tak berharap menemukan kembaran Bimasakti sebab mengetahui betapa sulit menemukannya.

Robotham mengatakan, keistimewaan Bimasakti ataupun kembarannya fana, tak bertahan selamanya. Awan Magellan yang mendampingi Bimasakti hanya berumur pendek.

"Kita harus menikmatinya selagi mereka ada, mereka hanya akan mendampingi selama beberapa miliar tahun saja," ungkapnya seperti dikutip Space.com.

Hasil riset ini dipaparkan dalam International Astronomical Union General Assembly di Beijing. [infoAstronomy.co.cc/SPACE]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.