Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

PH1, Planet Baru yang Mengorbit 4 Bintang



Adalah PH1 (Planet Hunter 1) planet yang diterangi oleh 4 bintang. Planet ini terletak 5.000 tahun cahaya dari bumi.

Dalam temuan itu planet PH1 mengorbit dua bintang dan setelah itu mengorbit pada 2 bintang lainnya yang letaknya lebih jauh.

Adalah seorang warga negara AS, yakni Kian Jek dan Robert Gagliano yang pertama kali menemukan PH1. Pengamatan luar angkasa mereka dipastikan oleh tim ahli astronomi dari AS dan Inggris yang bermarkas di Hawaii, AS.

PH1 adalah planet gas supermasif mirip Neptunus yang ukurannya sekitar 6,2 kali lebih besar dari bumi. Orbit PH1 pada 2 bintang yang ukurannya 1,5 kali dan 0,41 kali lebih besar dari matahari kita. PH1 mengorbit secara penuh setiap 138 hari. Sedangkan dua bintang lainnya yang juga menjadi orbit PH1 terletak lebih jauh, yakni sekitar 1.000 kali jarak antara bumi dan matahari.

Temuan planet ini telah resmi terdaftar pada Astrophysical Journal untuk publikasi. (InfoAstronomy)
Dukung kami untuk terus aktif
Merasa artikel ini bermanfaat untuk kamu? Mau kami bisa terus menerbitkan artikel astronomi bermanfaat lainnya? Kami butuh dukunganmu!

Beri Dukungan

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.