Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Satelit Cuaca Rusia Ambil Foto Bumi Beresolusi 121 MP

Foto terbaru Bumi beresolusi 121 MP yang diambil oleh Russia's Electro-L satellite. Image credit: Roscosmos

Satelit Cuaca Rusia Russia's Electro-L satellite, berhasil mengambil foto Bumi dengan resolusi 121 megapiksel dari jarak 22 ribu mil di atas permukaan Bumi. Biasanya untuk mengambil foto besar semacam ini diperlukan beberapa instrumen  pencitraan yang kemudian mengambil foto Bumi dan akhirnya digabungkan. Namun badan antariksa Rusia, Roscosmos ingin melakukan sesuatu yang berbeda dengan mengambil foto Bumi sendirian. Saking besarnya resolusi gambar, setiap piksel pada foto tersebut mewakili setengah mil pada keadaan sebenarnya (di permukaan Bumi).

Setiap setengah jam, Russia's Electro-L satellite mengambil foto Bumi untuk mengetahui cuaca di berbagai tempat.

Dikutip astronomi.us dari redorbit.com, Senin (13/08/2012), Foto yang diambil tersebut merupakan kombinasi dari foto Bumi yang sebenarnya (terlihat), dengan gelombang inframerah, sehingga daerah yang memiliki banyak vegetasi (hutan) terlihat berwarna merah agak kehijauan.

Russia's Electro-L satellite sendiri diluncurkan pada Januari 2011 dan berada pada orbit geo-stasioner Bumi. (Adi Saputro/ astronomi.us)

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.