Bisakah Kita Melihat Bintang-bintang dari Galaksi Lain?

Mengamati langit malam penuh bintang. Kredit: Pexels.com
Info Astronomy - Di langit malam yang cerah dan gelap gulita, kita bisa melihat ribuan bintang di langit yang berkelap-kelip. Tapi, adakah bintang-bintang tersebut yang merupakan bagian dari galaksi lain? Apakah ada bintang di luar galaksi Bimasakti yang bisa kita lihat dengan mata telanjang?

Jawabannya: tidak bisa.

Jadi, apa yang kita lihat saat kita melihat ke langit? Gambar di bagian atas artikel ini menunjukkan bentangan galaksi Bimasakti di langit. Galaksi kita memiliki diameter kira-kira 100.000 tahun cahaya, namun ketebalannya hanya sekitar 10.000 tahun cahaya. Seluruh bintang yang kita lihat di langit malam merupakan bagian dari galaksi kita, Bimasakti.

Galaksi terdekat dari Bimasakti ada galaksi kerdil Awan Magellan Besar, Awan Magellan Kecil, dan galaksi spiral Andromeda. Ketiganya dapat diamati dengan mata telanjang, tapi kita akan kesulitan untuk melihat bintang-bintang di galaksi-galaksi tersebut secara individu karena jaraknya yang begitu jauh.

Supernova SN 1987a di galaksi kerdil Awan Magellan Besar sempat terlihat dengan mata telanjang, namun supernova tentu saja merupakan hal yang berbeda. Ada pula supernova di galaksi Andromeda pada tahun 1885 (SN 1885a) yang cukup terang sehingga bisa terlihat dengan mata telanjang, tapi sayangnya tidak ada catatan bahwa ada yang benar-benar melihatnya kala itu.

Sebagian besar bintang di Bimasakti juga tidak bisa terlihat oleh kita karena banyak dari bintang-bintang tersebut yang berada di sisi lain galaksi ini, dan ditambah lagi ada begitu banyak debu yang menghalangi kita untuk melihat bintang-bintang jauh.

Total kurang lebih ada 5.000 sampai 9.000 bintang saja di Bimasakti yang bisa terlihat oleh mata manusia dari Bumi, namun kita biasanya hanya bisa melihat sekitar 2.500 galaksi dalam satu malam (sisanya berada di nadir). Dengan kata lain, bintang-bintang di galaksi Bimasakti yang bisa kita lihat dengan mata telanjang hanya sekitar 0,000003% dari total perkiraan 200-400 miliar bintang yang menghuni galaksi ini.

Intinya, bila kita hanya mampu melihat 0,000003% dari jumlah bintang di galaksi kita sendiri, bagaimana mungkin kita bisa melihat bintang-bintang dari galaksi lain yang jaraknya lebih jauh dari Bumi?

Sumber: EarthSky, Harvard University.
Iklan mengganggu? Hubungi kami!
Bisakah Kita Melihat Bintang-bintang dari Galaksi Lain? Bisakah Kita Melihat Bintang-bintang dari Galaksi Lain? Reviewed by Riza Miftah Muharram on September 20, 2017 Rating: 5