Header Ads

6 Teleskop dengan Harga Terjangkau Bagi Pemula

Baca Juga

Dokumen: InfoAstronomy.org
Info Astronomy - Ketika mengamati langit malam, rasanya akan kurang seru tanpa adanya teleskop. Sayangnya, harga teleskop yang bagus dan berkualitas cukup menguras kantong. Tapi jangan khawatir, berikut ini kami berikan 6 rekomendasi teleskop dengan harga terjangkau untuk pemula.

Oh iya, sebelum Anda membeli teleskop, ada baiknya ketahui dulu tips untuk membeli teleskop pertama yang bisa dibaca di sini. Penting untuk memastikan Anda membeli produk teleskop yang berkualitas, bukan yang akan mengecewakan Anda ketika mencoba mengamati planet tapi justru yang terlihat hanya titik kecil saja.

Teleskop terbaik memiliki dua aspek penting: optik berkualitas tinggi dan stabil serta mounting atau dudukan yang kokoh dan luwes. Anda juga mungkin ingin teleskop yang besar dan mudah dalam hal pemasangannya ketika Anda ingin mengamati benda langit.

Nah, inilah enam teleskop yang kami rekomendasikan:

Celestron PowerSeeker 50AZ

Celestron PowerSeeker 50AZ. Kredit: Celestron
Bila Anda mencari teleskop yang cocok pemula, teleskop Celestron seri PowerSeeker 50AZ adalah solusi yang ideal. Teleskop ini stabil dan cukup mudah dibongkar-pasang. Selain mudah diatur, teleskop ini juga dilengkapi dengan berbagai macam aksesoris yang memudahkan Anda menjelajahi langit malam dengan anak-anak Anda.

Teleskop dengan jenis refraktor yang mengandalkan lensa ini hadir dengan tiga lensa okuler 20mm, 12mm, dan 4 mm, dipadu dengan focal length 600mm sehingga memiliki pembesaran yang cukup baik. Lensa objektif teleskop ini juga terlapisi sepenuhnya sehingga Anda akan mendapatkan pandangan benda-benda langit yang jernih dan tajam.

Di pasaran, teleskop ini dibanderol dengan harga mulai Rp1,4 juta hingga Rp1,7 juta.

Beli Celestron PowerSeeker 50AZ di tautan ini.

Celestron PowerSeeker 60EQ

Celestron PowerSeeker 60EQ. Kredit: Celestron
Teleskop berjenis refraktor dengan dudukan ekuatorial ini merupakan pilihan tepat bagi astronom pemula yang ingin santai dalam melihat pemandangan benda-benda langit malam. Menggunakan tipe optis akromatik, teleskop ini mampu melakukan pengamatan Bulan, planet, bintang biner, gugusan bintang, nebula, dan bahkan beberapa galaksi tetangga Bimasakti.

Dengan sistem optik yang cukup baik, PowerSeeker 60EQ dapat menghasilkan kecerahan dan kejernihan pandangan saat digunakan. Teleskop ini 73 kali lebih sensitif dari mata manusia, yang membuat Anda dapat melihat banyak benda-benda langit yang tidak dapat terlihat oleh mata telanjang.

Di pasaran, teleskop ini dibanderol mulai Rp2,6 juta hingga Rp2,9 juta.

Beli Celestron PowerSeeker 60EQ di tautan ini.

Celestron AstroMaster 70AZ

Celestron AstroMaster 70AZ. Kredit: Celestron
Teleskop Celestron AstroMaster 70AZ merupakan pilihan tepat bagi astronom pemula yang ingin menggunakan teleskop bagi pengamatan langit maupun pengamatan alam. Sistem optik refraktor memberikan pengalaman yang seru untuk pengamatan objek-objek jauh.

AstroMaster 70AZ memiliki kemampuan sensitivitas 100 kali lipat lebih tajam dari mata manusia. Dengan dua lensa okuler 20mm dan 10mm, Anda akan mendapatkan pembesaran masing-masing 45 kali dan 90 kali.

Teleskop ini dibanderol mulai Rp3,6 juta hingga Rp4,2 juta di pasaran.

Beli Celestron AstroMaster 70AZ di tautan ini.

Celestron PowerSeeker 80EQ

Celestron PowerSeeker 80EQ. Kredit: Celestron
Teleskop Celestron seri ini adalah pilihan tepat bagi seorang astronom pemula yang ingin melakukan sesuatu yang lebih daripada sekadar melihat langit, namun dengan harga yang cukup terjangkau. Celestron PowerSeeker 80 EQ ini memiliki optik refraktor akromatik 80mm.

Rancangan sistem optik yang baik merupakan prioritas utama pada teleskop ini. Teleskop PowerSeeker 80EQ memiliki kemampuan 131 kali lebih sensitif dari mata manusia dalam pengamatan langit malam. Teleskop ini bisa diandalkan untuk mengamati Bulan, planet, hingga benda-benda langit jauh.

Dibanderol dengan harga mulai Rp3,7 juta hingga Rp3,8 juta di pasaran, Anda akan mendapatkan lebih dari yang Anda bayarkan.

Beli Celestron PowerSeeker 80EQ di tautan ini.

Celestron PowerSeeker 127EQ

Celestron PowerSeeker 127EQ. Kredit: Celestron
Berbeda dengan empat teleskop sebelumnya yang merupakan jenis teleskop refraktor, PowerSeeker 127EQ merupakan teleskop reflektor yang menggunakan cermin dengan dudukan ekuatorial yang kokoh. Dengan aperture yang besar (127mm), teleskop ini mampu memberikan pandangan yang jelas dari planet, gugus bintang, nebula, hingga galaksi tetangga dengan tampilan yang lebih terang.

Optik reflektor newtonian akan membuat Anda mendapatkan pengalaman mengamati benda-benda langit secara detail, tajam, dan tanpa aberasi ungu yang biasanya mengelilingi setiap benda langit saat melakukan pengamatan.

Di pasaran, teleskop ini dibanderol seharga mulai Rp4,2 juta hingga Rp4,7 juta.

Beli Celestron PowerSeeker 127EQ di tautan ini.

Celestron AstroMaster 130EQ

Celestron AstroMaster 130EQ. Kredit: Celestron
Dengan aperture 130mm, teleskop jenis reflektor ini dirancang terutama untuk memberikan pengalaman pengamatan benda-benda langit dengan sudut pandang yang luar biasa. Anda dapat mengamati objek langit jauh seperti komet, nebula, galaksi, gugus bintang, dan banyak lagi dengan teleskop ini.

Dilengkapi dengan tripod jenis CG-3 yang kokh dan stabil, teleskop ini memiliki kemampuan kontrol gerak yang mudah digunakan. Teleskop ini memungkinkan Anda dengan mudah menemukan benda-benda angkasa dengan melacaknya secara manual maupun otomatis dengan tambahan motor drive. Dengan begitu, teleksop ini sangat cocok bagi Anda yang berminat dalam astrofotografi!

Di pasaran, teleskop ini dibanderol mulai Rp6,5 juta hingga Rp7,1 juta.

Beli Celestron AstroMaster 130EQ di tautan ini.

Nah, itulah enam teleskop dengan harga yang cukup terjangkau bila Anda mencari teleskop berkualitas tinggi bagi pemula. Selamat menabung untuk mendapatkan teleskop pertama Anda!

Diberdayakan oleh Blogger.