Header Ads

Mengenal Canopus, Bintang Paling Terang Kedua di Langit Malam

Baca Juga

Canopus. Kredit: Fred Espenak/AstroPixels.com
Info Astronomy - Canopus adalah bintang paling terang kedua di langit malam setelah Sirius yang paling mudah terlihat di belahan Bumi selatan. Bintang ini terletak di konstelasi Karina. Mari mengenal bintang ini lebih jauh.

Canopus adalah jenis bintang yang cukup langka, ia merupakan bintang deret utama raksasa kelas F0, yang berarti ia memiliki massa yang hampir sama dengan Matahari.

Karena kelas spektral bintang Canopus belum dipelajari sepenuhnya, sulit untuk menetapkan seberapa jauh jarak Canopus dari Bumi kita. Namun, pengukuran para astronom dengan paralaks melalui satelit Hipparcos telah menetapkan jarak antara Canopus dengan Bumi adalah sekitar 313 tahun cahaya.

Menemukan Canopus

Bagi Anda yang ingin menemukan Canopus di langit malam ini, Anda tidak akan kesulitan karena Canopus berada tidak jauh dari Sirius. Bintang berwarna putih terang ini berada pada deklinasi -52°41"45'. Canopus akan bersinar dengan magnitudo semu -0,65.

Letak Canopus di langit Januari 2017 pukul 19:00 WIB. Kredit: Stellarium/InfoAstronomy.org
Canopus adalah bintang yang lebih panas dari Matahari kita, kira-kira suhu permukaan Canopus adalah 7.204 derajat Celcius, dibandingkan dengan Matahari yang sekitar 5.600 derajat Celcius. Canopus juga memiliki luminositas kelas II, yang membuatnya menjadi bintang "raksasa terang" yang jauh lebih besar dari Matahari.

Saking besarnya Camopus, kita (entah bagaimana) bisa memasukkan 65 Matahari ke dalam Canopus. Menjadi bintang paling terang kedua di langit, Canopus menyala dengan kecemerlangan 14.000 kali lebih terang dari Matahari!

Meskipun usia yang tepat tidak diketahui, massa Canopus yang besar menyatakan bahwa ia sudah dekat dengan akhir kehidupannya, dan kemungkinan beberapa juta tahun ke depan akan meledak sebagai supernova. Canopus adalah bintang yang ditakdirkan untuk mati muda.

Diberdayakan oleh Blogger.