VIDEO: India Berhasil Luncurkan Pesawat Ulang-Alik Pertama Buatannya

Pesawat ulang-alik India yang berhasil meluncur. Kredit: Asian News International
Info Astronomy - Dalam perlombaan untuk menguasai teknologi pesawat yang dapat digunakan kembali untuk menuju luar angkasa, Reusable Launch Vehicle (RLV), sebuah pesawat ulang-alik buatan India siap diadu melawan roket Falcon 9 milik SpaceX. India, dengan bangga, berhasil meluncurkan pesawat ulang-alik pertamanya tersebut pagi ini waktu India.

Tidak ada negara lain saat ini selain India yang sedang mengoperasikan penerbangan pesawat ulang-alik bersayap ke luar angkasa setelah Amerika Serikat memensiunkan pesawat ulang-aliknya pada tahun 2011 dan Rusia yang hanya sekali menerbangkan pesawat ulang-aliknya pada tahun 1989.

Pesawat ulang-alik RLV milik India ini memiliki panjang sekitar 40 meter dan dapat mengangkut hingga 4 astronot India. Pada penerbangan pertama ini, RLV sedang mengumpulkan data analisa yang akan digunakan untuk meningkatkan desain pesawat ulang-alik tersebut, serta desain landasan pacu yang lebih modern untuk peluncuran berikutnya.

Ini adalah pertama kalinya Indian Space Research Organization (ISRO) menerbangkan pesawat bersayap ke luar angkasa dan mendaratkannya kembali ke permukaan Bumi. Saat peluncuran tadi, pesawat ulang-alik RLV ini berhasil mencapai ketinggian 70 kilometer dan kemudian mendarat di hamparan air di Teluk Benggala, sekitar 500 kilometer dari lokasi peluncuran di Sriharikota, India.

Pesawat ulang-alik ini diluncurkan dengan sebuah mesin roket seberat sembilan ton yang telah dirancang untuk mengangkat pesawat ulang-alik tersebut secara vertikal ke luar angkasa. ISRO berencana untuk menguji dua prototipe pesawat ulang-alik lainnya sebelum misi final yang akan dilakukan pada tahun 2030 mendatang.

Penasaran seperti apa video peluncurannya? Berikut videonya:

VIDEO: India Berhasil Luncurkan Pesawat Ulang-Alik Pertama Buatannya VIDEO: India Berhasil Luncurkan Pesawat Ulang-Alik Pertama Buatannya Reviewed by Riza Miftah Muharram on 5/23/2016 12:35:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.