Planet yang Mengorbit Lubang Hitam Bisa Mendukung Kehidupan

Planet fiksi ilmiah Miller yang mengorbit gargantua pada film Interstellar. Kredit: Getty Images
Info Astronomy - Ketika Anda membayangkan lubang hitam, Anda mungkin berpikir bahwa lubang hitam tidak ramah untuk kehidupan. Dengan cakrawala peristiwa (event horizon) yang bahkan cahaya tidak dapat lolos darinya, serta dikelilingi oleh cakram debu dan gas, lubang hitam tampak sangat tidak aman. Namun, sebuah penelitian berkata lain.

Sekelompok ilmuwan telah mengklaim bahwa lubang hitam tertentu mungkin memiliki kondisi yang memungkinkan sebuah planet dapat mengorbitnya yang juga mampu mendukung kehidupan. Namun sayangnya, saat ini belum ditemukan planet yang mengitari lubang hitam. Tapi teori baru ini cukup menarik.

Seperti dilansir New Scientist, sebuah makalah penelitian yang telah tersedia di arXiv, menjelaskan bagaimana kehidupan membutuhkan "perbedaan suhu" untuk berkembang biak. Di Bumi, kita mendapatkan ini dari Matahari dan ruang vakum di luar angkasa yang dingin. Jika ini dibalik, langit panas dan "Matahari" dingin, entropi negatif dan perbedaan suhu bisa mendukung kehidupan.

Untuk lubang hitam tua, tanpa ada material di sekelilingnya, kondisi tersebut mungkin yang paling cocok untuk kehidupan. Para penulis makalah penelitian ini mengatakan planet yang mengorbit lubang hitam akan menerima sekitar 900 watt energi dari perbedaan suhu antara lubang hitam dan latar belakang gelombang mikro kosmik (Cosmic Microwave Background/CMB) dari alam semesta sekitar -270° C.

Menurut para ilmuwan, suhu ini cukup untuk kehidupan primitif untuk bertahan hidup, seperti kehidupan mikroba atau hewan-hewan kecil. Ya, kita harus lebih membuka pikiran bahwa kehidupan tidak harus cerdas seperti kita, bisa saja kehidupan asing di luar sana hanya bakteri, hewan atau tumbuhan yang belum pernah kita lihat sebelumnya.

Para penulis menyamakan penelitian mereka ke salah satu planet yang ditampilkan dalam film "Interstellar", yakni Planet Miller. Planet ini digambarkan mengorbit begitu dekat dengan lubang hitam fiksi bernama Gargantua sehingga mengalami efek dilasi waktu. Para penulis makalah penelitian ini mencatat posisi planet seperti yang digambarkan dalam film menjadikan planet ini sebagian besar laik huni.

Kita mungkin tidak akan menemukan planet yang mengorbit lubang hitam dalam waktu dekat. Tetapi para ilmuwan mengatakan, di masa depan, ketika semua bintang telah mati, tempat terakhir untuk kehidupan dapat muncul mungkin adalah di sekitar lubang hitam.