Transit Merkurius Tak Terlihat di Indonesia, Mari Nonton Secara Online!

Transit Merkurius tahun 2006. Kredit: NASA
Info Astronomy - Pada hari Senin, 9 Mei 2016, planet Merkurius secara perlahan akan melintas di depan piringan Matahari. Peristiwa ini merupakan Transit Merkurius, sebuah peristiwa langka, dengan hanya terjadi 12 kali per abad. Sayangnya tahun ini sebagian besar Indonesia tidak kebagian, tapi kita masih bisa menyaksikannya secara online!

Transit Merkurius tahun 2016 ini akan terlihat secara keseluruhan dari sisi paling timur Amerika, Eropa Barat, dan Barat Daya Afrika. Peristiwa langit ini akan berlangsung beberapa jam, sehingga orang-orang dari Bangladesh hingga California akan dapat melihat Merkurius bergerak dari satu titik ke titik lainnya pada piringan Matahari.

Dilansir dari SkyAndTelescope.com, peristiwa Transit Merkurius akan dimulai pada sekitar pukul 11:12 UT (18:12 WIB), memuncak pada pukul 14:57 UT (21:57 WIB) dan berakhir pada pukul 18:42 UT (01:00 WIB, 10 Mei 2016). Karena terjadi pada mulai senja di Indonesia, secara otomatis tidak ada lagi Matahari, sehingga Transit Merkurius tidak teramati.
Peta kenampakan Transit Merkurius 2016. Kredit: Fred Espenak, EclipseWise.com
Namun jika Anda berada pada wilayah yang bisa melihat seperti yang ditujukan peta di atas, untuk mengamati fenomena ini Anda akan memerlukan teleskop dengan filter matahari ND5. Merkurius akan nampak sekitar 0,004 persen dari piringan Matahari, sehingga akan sangat sulit untuk dilihat tanpa teleskop.

Untuk masyarakat yang tinggal di Indonesia, Transit Merkurius hanya terlihat di Sumatra Utara dan NAD, dan itu pun hanya sebentar serta bertepatan dengan Matahari terbenam sehingga cukup sulit mengamatinya. Namun jika ingin tetap mengamati peristiwa Transit Merkurius, Anda dapat menontonnya melalui siaran langsung dengan klik tautan ini: InfoAstronomy.org/live
Transit Merkurius Tak Terlihat di Indonesia, Mari Nonton Secara Online! Transit Merkurius Tak Terlihat di Indonesia, Mari Nonton Secara Online! Reviewed by Riza Miftah Muharram on 5/09/2016 08:59:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.