NASA Rilis Citra Ketika Lubang Hitam Melontarkan Jet

Pada sebuah film fiksi ilmiah, ada sebuah benda raksasa yang mampu menghancurkan planet-planet dengan energinya, tetapi benda tersebut di dunia nyata ternyata lebih menakutkan dibanding dalam cerita fiksi. Dan bahkan Starkiller Base tidak dapat bersaing dengan kekuatan lubang hitam supermasif.
Lubang Hitam Pictor A, jet yang terlontar ditandai dengan warna biru. Kredit: NASA
Info Astronomy - Pada sebuah film fiksi ilmiah, ada sebuah benda raksasa yang mampu menghancurkan planet-planet dengan energinya, tetapi benda tersebut di dunia nyata ternyata lebih menakutkan dibanding dalam cerita fiksi. Dan bahkan Starkiller Base tidak dapat bersaing dengan kekuatan lubang hitam supermasif.

Citra yang menakjubkan di atas diambil oleh Teleskop Antariksa Chandra milik NAS. Citra ini menunjukkan telontarnya jet dari lubang hitam yang menusuk melalui ruang intergalaksi. Jet tersebut memiliki panjang lebih dari 300.000 tahun cahaya, yang merupakan tiga kali ukuran Galaksi Bima Sakti!

Lubang hitam supermasif yang melontarkan jet ini berada di galaksi elips yang disebut Pictor A, yang terletak 500 juta tahun cahaya dari Bumi. Para astronom berharap mereka bisa memanfaatkan citra seperti ini untuk lebih memahami bagaimana jet pada lubang hitam bisa terbentuk sedemikian panjangnya.

Ketika lubang hitam supermasif yang melahap materi di sekitarnya, medan magnet kuat yang dihasilkan oleh sistem lubang hitam diduga melemparkan beberapa partikel pada kecepatan hampir mendekati kecepatan cahaya. Partikel bermuatan yang terlontar (biasanya proton dan elektron) mengionisasi lingkungan sekitarnya dan akhirnya menciptakan gelembung gas panas spektakuler yang memancarkan gelombang radio yang sangat kuat ke seluruh alam semesta.

Citra komposit di atas menunjukkan citra sinar-X yang dipotret oleh Teleskop Antariksa Chandra dan dikombinasikan dengan emisi radio yang terdeteksi oleh Australia Telescope Compact Array. Citra ini diperoleh selama 15 tahun dengan menggabungkan berbagai pengamatan yang dilakukan oleh Chandra. Jet, dua gelembung radio besar, dan terang lubang hitam sangat jelas terlihat.

Sebuah makalah yang menjelaskan jet dari lubang hitam ini akan dipublikasikan dalam Pemberitahuan Bulanan Royal Astronomical Society, dan tersedia secara online di arXiv.