Galaksi Andromeda: Letak dan Karakteristiknya

Andromeda adalah tetangga terdekat Bima Sakti kita dan merupakan obyek paling jauh yang mampu diamati mata.
Galaksi Andromeda: Letak dan Karakteristiknya
Kredit: NASA
Info Astronomy - Galaksi Andromeda, galaksi spiral tetangga terdekat Bima Sakti kita, adalah obyek paling jauh di langit yang bisa mata kita lihat tanpa alat bantu, dengan catatan mengamatinya di malam yang cerah dan dengan langit yang sangat gelap.

Galaksi Andromeda adalah galaksi sprial yang menakjubkan, tapi satu fakta Andromeda yang Anda mungkin tidak sadari: Galaksi Andromeda sedang bergerak mendekat ke Bima Sakti dan diprediksi bakal bertabrakan sekitar miliaran tahun mendatang.

Letak dan Karakteristik Andromeda
Galaksi Andromeda terletak di rasi bintang Andromeda di langit Utara, galaksi Andromeda nampak sebagai pita lonjong di langit malam dengan cahaya yang samar. Pita samar-samar Andromeda terlihat selebar Bulan Purnama di langit Bumi.

Sebuah galaksi spiral seperti Andromeda mempunyai tonjolan materi yang terdapat di tengah/inti galaksi, yang dikelilingi oleh piringan gas, debu, dan memiliki lebar 260.000 tahun cahaya. Meskipun Andromeda berisi sekitar satu triliun bintang, galaksi kita sebenarnya lebih besar, karena diduga mengandung materi gelap (dark matter) yang lebih banyak.

Galaksi Andromeda berada pada jarak kurang lebih 2,5 juta tahun cahaya, sedangkan 1 tahun cahaya setara 9,4 triliun kilometer jauhnya.

Dokumen Info Astronomy
Tabrakan
Kedekatan Andromeda akan mematikan bagi galaksi kita. Dua galaksi (Andromeda dan Bima Sakti) saling mendekati satu sama lain pada kecepatan 112 kilometer per detik! Para astronom memperkirakan bahwa Andromeda akan bertabrakan dengan Bima Sakti sekitar 5 miliar tahun dari sekarang.

Pada saat itu, matahari akan membengkak menjadi bintang raksasa merah dan menelan planet terestrial (Merkurius, Venus, Bumi dan Mars), sehingga Bumi mungkin sudah hangus terbakar Matahari saat Andromeda dan Bima Sakti bertabrakan.

Bima Sakti (Milky Way) dan Andromeda pasca tabrakan nantinya akan menyatu dan membentuk galaksi spiral raksasa yang disebut Milkomeda. Tabrakan galaksi adalah bagian normal dari evolusi alam semesta. Bahkan, Andromeda dan Bima Sakti terbentuk karena telah menabrak galaksi lain, dan 'memakannya'.