Kenapa Kita Tidak Merasakan Rotasi Bumi?

Kenapa Kita Tidak Merasakan Rotasi Bumi
Kredit: Meet The Sun
Info Astronomy - Bumi berputar pada porosnya sekali setiap 24 jam dalam waktu surya atau 23 jam 56 menit 4 detik dalam waktu sideris.

Di khatulistiwa Bumi, kecepatan putaran Bumi adalah sekitar 1.600 kilometer per jam. Jika Bumi memang berotasi secepat itu, kenapa kita tidak merasakannya? Ini dikarenakan kita sama-sama bergerak di permukaan Bumi dengan kecepatan yang konstan.

Sekarang bayangkan ketika Anda sedang naik mobil atau terbang dengan pesawat. Selama perjalanan yang berjalan lancar, Anda dapat meyakinkan diri Anda tidak bergerak, Anda bergerak bersama mobil atau pesawat Anda, kan?

Dan ketika pramugari datang dan menuangkan kopi ke cangkir Anda di dalam pesawat terbang, kopi tersebut tidak terbang ke bagian belakang pesawat. Itu karena kopi, cangkir dan Anda semua bergerak pada kecepatan yang sama seperti pesawat.

Sekarang coba bayangkan apa yang akan terjadi jika mobil atau pesawat tidak bergerak dengan laju yang konstan, melainkan supir atau pilot mempercepat dan memperlambat mobil dan pesawat tersebut. Kemudian, ketika pramugari menuangkan kopi Anda ... tumpah tak karuan!

Demikian juga, Bumi bergerak dengan konstan, dan kita semua bergerak bersama dengan Bumi, dan itulah mengapa kita tidak merasakan putaran rotasi Bumi. Jika putaran Bumi lebih cepat atau melambat secara tiba-tiba, Anda pasti akan merasakannya.

Baca juga: Inilah yang terjadi apabila Bumi berhenti berotasi
Kenapa Kita Tidak Merasakan Rotasi Bumi? Kenapa Kita Tidak Merasakan Rotasi Bumi? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/08/2015 07:34:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.