Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Planet Merkurius Bisa Diamati Mulai Senja Ini

Planet Merkurius Bisa Diamati Mulai Senja Ini
Planet Merkurius Bisa Diamati Mulai Senja Ini
Letak Planet Merkurius saat senja. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Merkurius, planet terdalam di tata surya, telah melewati 'bagian belakang' Matahari (seperti yang terlihat dari Bumi) pada tanggal 29 Desember 2013. Itulah titik ketika ia beralih dari langit pagi ke langit sore.

Senja ini, 19 Januari 2014, Anda bisa melihat Merkurius dengan mata telanjang di arah Matahari terbenam sekitar 45 sampai 60 menit setelah Matahari terbenam.

Jika Anda memiliki teleskop, gunakanlah. 19 Januari 2014 menandai awal untuk Anda bisa melihat Merkurius di langit. Jadi, jika Anda tidak melihatnya hari ini, Anda bisa mencoba mengamatinya sampai awal Februari 2014.

Waktu terbaik untuk mengamati planet Merkurius senja ini adalah pukul 18:35 waktu setempat rumah Anda. Merkurius hanya nampak bagai bintang kuning kecil.

Pastikan pandangan cakrawala Anda tidak terhalang, karena hal ini sangat penting untuk menemukan Merkurius yang masih di sekitar cakrawala. Merkurius cukup terang, hampir menyamai bintang Sirius kecerlangannya, bintang paling terang dari langit malam.

Jika Anda tidak berhasil menemukan Merkurius senja ini, mungkin Anda telat mengamatinya. Pastikan langit cerah tak berawan apa lagi hujan. Karena akan lebih sulit lagi.

Selamat mengamati!
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.