Planet Bumi-Super Cenderung Miliki Lautan dan Benua

Planet Bumi-Super Cenderung Miliki Lautan dan Benua
Ilustrasi planet Bumi-Super yang banyak di galaksi Bima Sakti. Kredit: NASA, Kepler
Info Astronomy - Inilah apa yang disebut planet ekstrasurya raksasa -- planet di luar tata surya kita -- yang disebut "Bumi-Super" yang jumlahnya banyak di galaksi Bima Sakti.

Penelitian terbaru dari astrofisikawan Northwestern University dan University of Chicago menunjukkan planet-planet ini cenderung memiliki iklim mirip Bumi daripada yang telah diperkirakan sebelumnya.

Penelitian tersebut mengatakan Bumi-Super akan sangat berbeda dengan Bumi dan menyatakan tiap Bumi-Super bisa menjadi planet yang memiliki air melimpah, dengan permukaannya tertutup air.

Penelitian baru menyimpulkan juga bahwa Bumi-Super di seluruh galaksi Bima Sakti memiliki iklim yang stabil seperti Bumi.

Para peneliti, Nicolas B. Cowan, postdoctoral di Pusat Northwestern Interdisipliner Eksplorasi dan Penelitian Astrofisika dan Dorion Abbot, asisten profesor dalam ilmu geofisika di University of Chicago, mempresentasikan temuan mereka pekan ini pada pertemuan tahunan American Astronomical Society.

Dalam model mereka, Cowan dan Abbot menunjukan planet ekstrasurya yang menarik seperti Bumi, yang memiliki sedikit air di permukaannya.

Kemampuan Bumi-Super untuk menjaga benua agar tidak tenggelam penting bagi iklim planet. Seperti Bumi, siklus karbon yang mendalam dimediasi oleh suhu permukaan, yang menghasilkan umpan balik yang stabil.

Intinya: Penelitian baru dari Northwestern Unirsity dan University of Chicago menunjukkan bahwa planet ektrasurya Bumi-Super di luar tata surya kita memiliki lautan dan benua dan lebih cenderung memiliki iklim mirip Bumi daripada yang telah diperkirakan sebelumnya.
Planet Bumi-Super Cenderung Miliki Lautan dan Benua Planet Bumi-Super Cenderung Miliki Lautan dan Benua Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/11/2014 12:55:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.