Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Agustus-Oktober, Waktu Terbaik Melihat Galaksi Andromeda

Agustus-Oktober, Waktu Terbaik Melihat Galaksi Andromeda
Agustus-Oktober, Waktu Terbaik Melihat Galaksi Andromeda
Letak galaksi Andromeda. Kredit: Starry Night
Info Astronomy - Selain kita bisa melihat galaksi Bima Sakti dari Bumi, kita juga bisa melihat galaksi tetangga. Yakni galaksi Andromeda. Bagaimana caranya?

Untuk mengamati galaksi Andromeda, memang ada waktu-waktu tertentunya, dan pastinya di tengah malam. Agustus hingga Oktober ini adalah saat terbaik mengamati Andromeda.

Galaksi Andromeda dapat dengan mudah ditemukan di langit atas kepala arah utara pada tengah malam. Syaratnya, langit tidak tercemar polusi udara, jauh dari lampu kota, dan tidak ada Bulan.

Daerah perkotaan mungkin akan sangat sulit menemukan Andomeda, Jakarta contohnya. Wilayah pedesaan atau pegunungan mungkin bisa jadi alternatif.

Selain itu, galaksi Andromeda hanya akan terlihat seperti pita kabut tipis yang kecil di langit. Untuk mengamati keseluruhannya, Anda bisa menggunakan teleskop dan peta langit.

Pertama, gunakan peta langit untuk menemukan rasi bintang Pegasus. Di rasi bintang Pegasus ada bintang Alpheratz, bergerak sedikit ke bintang Mirach dan Andromeda ada di sebelah kirinya seperti pada foto di bawah:
Agustus-Oktober, Waktu Terbaik Melihat Galaksi Andromeda
Klik untuk memperbesar
Kenapa kita bisa melihat galaksi Andromeda?

Galaksi Andromeda adalah galaksi terdekat Bima Sakti. Jaraknya dari Bima Sakti adalah 2,5 juta tahun cahaya. Andromeda bergerak ke Bima Sakti dengan kecepatan 300 kilometer per detik dan akan bertabrakan 4 miliar tahun lagi.

Andromeda memiliki magnitudo 3, cukup cemerlang untuk langit tanpa polusi udara dan jauh dari lampu kota.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.