Ada 35 Lubang Hitam di Inti Galaksi Andromeda

Observasi lubang hitam oleh NASA. Kredit: NASA
Info Astronomy - Pengamatan dengan Chandra X-Ray Observatory milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menemukan 26 lubang hitam baru di inti galaksi Andromeda. Jumlah lubang hitam di galaksi tersebut kini menjadi 35 buah.

Jumlah ini ternyata belum semuanya. Astronom percaya, jumlah lubang hitam jauh lebih banyak dari yang ditemukan saat ini.

Sebanyak 26 lubang hitam baru ini ditemukan melalui lebih dari 150 observasi oleh observatorium sinar-X Chandra milik NASA selama kurang lebih 13 tahun.

Menggunakan data dari Chandra dan XMM-Newton X-Ray milik European Space Agency (ESA), astronom mampu menemukan benda yang tak terlihat dengan mendeteksi energi yang dilepaskan oleh material super panas dari bintang sekitarnya.

Foto di atas menggabungkan data optik Warner and Swansey Observatory di Kitt Peak, Arizona, dengan sisipan hasil observasi. Lubang hitam baru diberi tanda kuning.

Observasi selama lebih dari 12 tahun membuat astronom mampu menggambarkan galaksi Andromeda ini. Astronom mampu membedakan apakah suatu obyek yang terdeteksi merupakan lubang hitam atau bintang neutron.

Meski bintang neutron juga akan melepaskan sinar-X seperti lubang hitam, bintang neutron lebih energik dan terang.

Karena inti galaksi Andromeda lebih besar dari Bima Sakti, lebih banyak lubang hitam terdapat di galaksi itu.

"Dalam kasus Andromeda, kita punya tonjolan dan lubang hitam super masif lebih besar. Jadi, kami memperkirakan ada lubang hitam kecil lebih banyak terbentuk di sana," kata Stephen Murray dari John Hopkins University.

Referensi: NASA.gov
Ada 35 Lubang Hitam di Inti Galaksi Andromeda Ada 35 Lubang Hitam di Inti Galaksi Andromeda Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/14/2013 10:07:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.