Kelompok Galaksi NGC 5679 Bukan Tabrakan Galaksi

Kelompok NGC 5679. Kredit: SKY-MAP.org
Info Astronomy — Kelompok NGC 5679, juga dikenal sebagai Arp 274, adalah sebuah kumpulan tiga galaksi yang saling berdekatan, MCG +1-37-36, MCG +1-37-35 dan MCG +1-37-34, yang membentang sekitar 200.000 tahun cahaya dan terletak sekitar 400 juta tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Virgo.

Citra ini dirilis oleh Hubble Wide Field dan Planetary Camera 2, dan merupakan campuran biru, inframerah dan hidrogen emisi. Tonjolan rumah pusat tua, kekuningan bintang dan cluster tengah yang cerah bintang.

Galaksi kiri dan kanan adalah pusat pembibitan bintang yang produktif, ditunjukkan oleh pusat biru cerah formasi bintang - bintang biru muda dan nebula merah muda dengan jelas memetakan lengan spiral. Dua bintang terang tepat di atas galaksi di sebelah kanan sebenarnya terletak lebih dekat, dengan kata lain pada kenyataannya du bintang tersebut berada di galaksi kita sendiri, Galaksi Bima Sakti.

Nama "Arp 274" berasal dari yang termasuk dalam Atlas Galaksi berbentuk aneh yang disusun oleh Halton Arp pada tahun 1962 sampai tahun 1967 dan diterbitkan oleh California Institute of Technology.

Redshifts dari tiga komponen dari sistem ini adalah: 7483kps kiri, tengah 8654kps, dan kanan 7618kps. Dengan interpretasi konvensional kiri dan kanan dari urutan yang sama jarak, dengan komponen pusat substansial lebih lanjut (17-23 Mpc).

Meskipun sebelumnya dianggap interaksi gravitasi, citra Hubble baru menunjukkan sedikit bukti untuk ini. Bentuk spiral dari dua galaksi yang lebih besar muncul secara utuh, tanpa distorsi khas dari interaksi galaksi pada biasanya.