Citra Lubang Hitam di Gugus Galaksi Perseus

Lubang Hitam di Gugus Galaksi Perseus. Kredit: NASA/Chandra Observatory
Info Astronomy — Para astronom menggunakan NASA Chandra X-ray Observatory telah menemukan, untuk pertama kalinya, gelombang suara dari lubang hitam supermasif. 

Yang harus dicatat adalah ini merupakan yang paling dalam yang pernah terdeteksi dari setiap objek di alam semesta kita. Jumlah besar energi yang dibawa oleh gelombang suara dapat memecahkan masalah lama dalam astrofisika.

Lubang hitam berada di gugus galaksi Perseus yang terletak 250 juta tahun cahaya dari Bumi. Pada tahun 2002, astronom memperoleh pengamatan Chandra yang jauh yang menunjukkan riak di udara yang mengisi gugus ini. Riak ini adalah bukti untuk gelombang suara yang telah melakukan perjalanan ratusan ribu tahun cahaya dari pusat lubang hitam dari gugus itu.


Pengamatan sebelumnya telah mengungkapkan jumlah yang luar biasa dari cahaya dan panas yang diciptakan oleh lubang hitam. "Sekarang kita telah mendeteksi suara mereka juga," kata Andrew Fabian dari Institut Astronomi di Cambridge, Inggris, dan pemimpin penelitian.

Dalam istilah musik, nada suara yang dihasilkan oleh lubang hitam diterjemahkan ke dalam catatan B datar. Tapi, manusia akan memiliki kesempatan untuk mendengar pertunjukan kosmik ini karena catatan itu adalah 57 oktaf lebih rendah dari pertengahan-C.

Sebagai perbandingan, sebuah piano yang khas berisi hanya sekitar tujuh oktaf. Pada frekuensi lebih dari satu juta miliar kali lebih dalam dari batas pendengaran manusia, ini adalah catatan paling dalam yang pernah terdeteksi dari sebuah objek di alam semesta.
[Science@NASA]
Citra Lubang Hitam di Gugus Galaksi Perseus Citra Lubang Hitam di Gugus Galaksi Perseus Reviewed by Kontributor on 4/05/2013 07:23:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.