Perjalanan Antariksa Membahayakan Otak


Info Astronomy — Antariksa dikenal sebagai lingkungan yang penuh bahaya radiasi bagi manusia. Sebuah penelitian di jurnah PLOS ONE menyimpulkan, radiasi yang menimpa astronot dalam misi perjalanan antariksa ternyata mempercepat risiko munculnya penyakit Alzheimer yang terkait otak dan saraf.

Menurut M Kerry O'Bannon, guru besar University of Rochester Medical Center di New York yang terlibat penelitian itu, risiko munculnya penyakit pada astronot, seperti kanker akibat paparan radiasi kosmis sudah jamak diketahui.

Warga Bumi terlindungi dari serangan radiasi kosmik berkat medan magnetik yang dibangkitkan planet ini. Ketika ada manusia yang pergi ke luar angkasa, dia akan langsung terpapar radiasi konstan dari berbagai macam partikel kosmik yang tak bisa diblok secara efektif.

Hal inilah yang menjadi perhatian Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) yang berniat mengirim misi berawak ke asteroid pada 2021 dan ke Mars pada 2035. [rpblk]
Perjalanan Antariksa Membahayakan Otak Perjalanan Antariksa Membahayakan Otak Reviewed by Kontributor on 2/08/2013 05:43:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.