Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Kerberos dan Vulcan Terpilih Sebagai Nama Baru 2 Bulan Pluto

Nama 2 bulan baru pluto


Info Astronomy — Setelah beberapa hari situs Pluto Rocks milik SETI mengadakan voting untuk nama baru dua satelit alam milik Planet Katai Pluto, kini didapatkan 2 nama baru tersebut.

Nama kedua satelit alam itu adalah Vulcan dan Kerberos (Carberus). Total ada 450.324 pemberi suara dari seluruh dunia. 174.062 telah memilih nama Vulcan, sedangkan Kerberos pemilihnya mendekati 100.000 orang.

SETI akan merecomendasikan nama-nama baru ini ke International Astronomical Union (IAU), sebuah organisasi pemberi nama sebuah objek antariksa.

Pluto memiliki lima satelit alam yang diketahui astronom saat ini. Para ilmuwan pertama kali menangkap bayangan Charon satelit alam terbesar Pluto pada tahun 1978, tahun 2005 astronom menemukan dua satelit alam lainnya (Nix dan Hydra) menggunakan Hubble Space Telescope.

P5 ditemukan pada tahun 2012, juga menggunakan teleskop Hubble. P4 bulan ditemukan pada tahun 2011. P4 dan P5 hanya berdiameter 15 sampai 20 mil (20 sampai 30 km). [Space, Universetoday]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.