Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Fenomena Gerhana yang Tercatat Pertama Kali

Fenomena Gerhana yang Tercatat Pertama Kali

Info Astronomy — Gerhana yang pertama kali diselidiki terjadi tahun 1361 Sebelum Masehi (untuk gerhana Bulan), dan bulan Oktober tahun 2137 Sebelum Masehi (untuk gerhana Matahari).

Hanya untuk Timur Tengah, gerhana Bulan mulai diselidiki sejak tahun 3450 Sebelum Masehi, dan gerhana Matahari sejak tahun 4200 Sebelum Masehi.

Jalan gerhana Matahari total tidak pernah melewati Londong selama 575 tahun, dari tanggal 20 Maret 1140 hingga 3 Mei 1715. Paling akhir garis gerhana Matahari total melintasi Australia pada 14 November 2012 lalu.

Gerhana adalah peristiwa tertutupnya benda langit dengan benda langit lainnya yang lebih besar. Gerhana Bulan terjadi saat Bumi berada di antara Matahari dan Bulan, dengan catatan Bulan memasuki umbra Bumi. Sedangkan gerhana Matahari terjadi ketika Bulan berada di antara Matahari dan Bumi, piringan Bulan yang lebih besar menutupi piringan Matahari yang relatif kecil. [GBWR]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.