Ulasan Teleskop: Celestron PowerSeeker 60EQ

Celestron PowerSeeker 60EQ. Kredit: Celestron
Info Astronomy - Siapa bilang hobi astronomi itu mahal? Iya, sih, kita perlu merogoh kocek yang agak dalam untuk membeli peralatan penunjang hobi ini, yakni teleskop. Namun, ada beberapa teleskop bagus dengan harga yang tidak terlalu mahal. Salah satunya adalah Celestron PowerSeeker 60EQ.

Celestron PowerSeeker 60EQ adalah teleskop refraktor, yakni jenis teleskop yang mengandalkan lensa untuk mengumpulkan cahaya. Dengan diameter aperture selebar 60mm, teleskop ini merupakan yang paling bontot dari seri PowerSeeker EQ (kakak-kakaknya adalah 70EQ, 80EQ, 114EQ, 127EQ) dari Celestron.

Dengan kata lain, PowerSeeker 60EQ merupakan teleskop seri PowerSeeker yang memiliki diameter aperture terkecil. Namun, bukan berarti ia adalah teleskop yang buruk. Teleskop ini justru memang didesain untuk para astronom pemula dengan harga yang lebih murah.

Sebelum kita masuk ke pembahasan apa kelebihan dan kekurangan dari teleskop ini, mari kita lihat dulu apa yang ada di dalam kotak kemasannya.

Kredit: Celestron
Dalam kotak kemasan teleskop ini, kita akan mendapati adanya tabung optik, finderscope, dudukan equatorial, tripod, dua eyepieces (20mm, 4mm), lensa barlow 3x, dan perangkat lunak astronomi TheSkyX.

Tabung optik sendiri telah dilapisi kaca optik dengan kualitas yang dapat memberikan pemandangan gambar yang terang dan jelas, sebuah ciri khas teleskop Celestron. Panjang tabung optiknya adalah 914mm. Ukurannya yang cukup panjang mungkin akan membuat teleskop ini sulit dibawa-bawa bila Anda berpergian jauh. Anda butuh tas khusus teleskop.

Gambar yang dihasilkan teleskop ini juga tegak, alias tidak terbalik, sehingga membuatnya bisa digunakan untuk melihat objek terestrial maupun objek langit. Pada tabung optik Anda juga akan dapat menemukan finderscope, yang fungsinya adalah membantu Anda menemukan dan memfokuskan teleskop pada objek langit yang Anda ingin lihat.

Seperti yang disebutkan di atas, teleskop ini dilengkapi dudukan atau mount jenis equatorial. Keuntungannya adalah, Anda bisa lebih luwes dalam menggerakan teleskop, bahkan bisa mengarahkan ke langit atas kepala (teleskop dengan dudukan altazimuth tidak bisa melakukannya).

Teleskop ini dilengkapi pula dengan tripod aluminium yang kuat. Tripod juga memiliki nampan aksesoris teleskop yang sangat berguna untuk menaruh eyepieces maupun aksesoris lainnya (seperti filter atau lensa barlow) agar tidak tercecer saat pengamatan.

Secara keseluruhan, ini adalah teleskop yang memberikan pengalaman yang baik bagi para pemula astronomi sehingga mudah untuk mengamati benda-benda langit.

Dudukan equatorial 60EQ. Kredit: Celestron

Kelebihan

Teleskop Celestron PowerSeeker 60EQ ini memiliki desain dan kualitas optik yang cukup hebat dan mungkin merupakan pilihan ideal bagi orang yang benar-benar pemula.

Untuk pemasangan atau perakitannya, teleksop ini sama sekali tidak rumit, sehingga Anda yang sama sekali belum pernah menggunakan teleskop masih tetap mengerti cara menggunakannya. Dalam segi harga, teleskop ini juga sesuai dengan kualitasnya.

Kekurangan

Teleskop ini memang cocok untuk pemula yang baru pertama kali menggunakan teleskop. Tapi, bila Anda menginginkan teleskop dengan kualitas yang lebih baik, kakak-kakak dari seri 60EQ memang memiliki kualitas yang lebih bagus, namun tentu dengan harga yang lebih tinggi.

Hasil Pengamatan

Teleskop ini sangat baik untuk pengamatan Bulan, planet-planet tetangga, hingga galaksi dan nebula bila lokasi pengamatan gelap gulita dan cuaca cerah. Berikut beberapa hasil pengamatan menggunakan teleksop ini:

Bulan dengan Celestron PowerSeeker 60EQ. Kredit: Irwin K.
Saturnus dari 60EQ (sudah di-crop, stack, dan disunting). Kredit: Matthew Knight

Spesifikasi

Sebelum membeli suatu barang, kita tentu biasanya melihat dulu spesifikasinya. Berikut kami jabarkan spesifikasi teleskop ini:
  • Desain optik: Refraktori
  • Aperture: 60 mm (2,36 inci)
  • Panjang fokus: 900 mm (35 inci)
  • Focal ratio: 15
  • Panjang fokus eyepiece 1: 20 mm (0,79 in)
  • Magnifikasi eyepiece 1: 45x
  • Panjang fokys eyepiece 2: 4 mm (0,16 inci)
  • Magnifikasi eyepiece 2: 225x
  • Lensa barlow: 3 x
  • Finderscope: 5×24
  • Diagonal: 1,25" (gambar tegak)
  • Dudukan: Equatorial
  • Tripod: Aluminium
  • Limit magnitudo bintang: +11,4
  • Bidang pandang: 1,1°
  • Panjang tabung optik: 914 mm
  • Total berat teleskop: 4,54 kg
Nah, itulah sedikit ulasan mengenai teleksop Celestron PowerSeeker 60EQ. Semoga ulasan ini bisa menjadi referensi Anda dalam mencari teleskop idaman Anda.


Harga di pasaran: Rp2.900.000 s/d Rp3.400.000
Beli Celestron PowerSeeker 60EQ di InfoAstronomyStore
Ulasan Teleskop: Celestron PowerSeeker 60EQ Ulasan Teleskop: Celestron PowerSeeker 60EQ Reviewed by Riza Miftah Muharram on Februari 01, 2018 Rating: 5

Hype - Jangan Lewatkan!